Alamak! Pengambilan Paksa Jenazah Pasien Corona Terjadi Lagi di Batam


Sabtu, 22 Agustus 2020 - 08:36:22 WIB
Alamak! Pengambilan Paksa Jenazah Pasien Corona Terjadi Lagi di Batam Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM-Pengambilan paksa  jenazah pasein Covid-19 terjadi lagi di Kota Batam, Kepri. Kali ini terjadi di Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam.

Jenazah tersebut laki-laki berinisial YHG (47 tahun). Jenazah  diambil keluarganya dan dibawa kerumah duka di kawasan perumahan Tiban Bukit Asri Kelurahan Tiban Baru Kecamatan Sekupang,  Kamis (20/8/2020).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Didi Kusmarjadi saat dikonfirmasi  membenarkan adanya kejadian tersebut.

“Iya betul, sebelumnya almarhum itu pada 19 Agustus 2020 datang ke Rumah Sakit BP Batam dalam keadaan sudah meninggal atau Death On Arival (DOA),” kata Didi seperti  dikutip dari laman  haluankepri.co (Haluan Media Group), Sabtu  (21/8/2020).

Lanjut Didi, pihak rumah sakit mencurigai sebagai pasien Covid-19 dan kemudian dilakukan pengambilan swabnya.

Pihak rumah sakit juga edukasi keluarganya agar menunggu hasil swabnya keluar dulu baru jenazah bisa diputuskan untuk dipulasara sebagai pasien Covid-19 ataupun pasien biasa.

“Namun pihak keluarga tidak sabar dan tidak bisa menerima penjelasan dan mereka memaksa untuk membawa pulang jenazah tersebut,” ujarnya.

Namun jelasnya, melalui perundingan yang alot dan panjang lebih kurang semalaman, akhirnya jenazah berhasil diambil kembali oleh Satgas dan dibawa kembali ke RSBP Batam untuk dipulasara secara Covid-19.

“Jenazah dipulasara pada kemaren pagi. Jenazah itu sempat bertahan satu malam di keluarganya, karena pihak keluarga ngotot tidak mau menyerahkan kembali jenazah ke satuan tugas,” bebernya.

Diberitakan sebelumnya, jenazah tersebut terkonfirmasi kasus positif Covid-19 nomor 433 di Kota Batam. Yang bersangkutan dibawa ke IGD RSBP Batam pada 19 Agustus 2020 dalam kondisi Death On Arival (DOA).

Dimana sebelumnya memiliki riawayat demam. Untuk itu dilakukanlah pemeriksaan swab hidung atau nasal yang hasilnya diterima dan diketahui terkonfirmasi positif Covid-19.  (*)

loading...
 Sumber : Haluankepri.co (Haluan Media Group) /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]