Iuran BP Jamsostek akan Ditunda hingga Akhir 2020, Bagaimana dengan BPJS Kesehatan?


Sabtu, 22 Agustus 2020 - 11:25:31 WIB
Iuran BP Jamsostek akan Ditunda hingga Akhir 2020, Bagaimana dengan BPJS Kesehatan? Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah mau menunda pembayaran iuran BP Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan hingga akhir 2020. Hal itu diharapkan dapat membantu para pemberi kerja atau pengusaha maupun peserta di tengah pandemi Corona.

Sri Mulyani bilang, penerapan relaksasi ini masih menunggu payung hukumnya berupa peraturan pemerintah (PP) yang masih dalam tahap finalisasi.

"Kemarin minta untuk BPJS tenaga kerjanya, kita PP-nya sedang dalam proses penyelesaian. Semoga bisa ditunda sampai dengan Desember sehingga bisa meringankan ," kata Sri Mulyani saat menjadi pembicara kunci di acara Kongres 2 AMSI secara virtual, Sabtu (22/8/2020).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini tidak merinci secara detail mengenai relaksasi pembayaran iuran BP Jamsostek. Menurut dia, pemberian relaksasi dalam rangka pemulihan ekonomi nasional (PEN) sudah disiapkan dengan anggaran Rp 695,2 triliun. Anggaran ini tersalurkan dalam stimulus yang bisa dimanfaatkan pelaku industri hingga masyarakat.

Meski begitu, penundaan pembayaran iuran ini tidak berlaku untuk BPJS Kesehatan. Sri Mulyani mengaku belum bisa memberikan keputusan apapun terkait kebijakan di BPJS Kesehatan.

"Untuk BPJS Kesehatan mungkin agak lebih rumit karena suasana kondisi kesehatan dari BPJS Kesehatan sendiri mesti harus diperhatikan. Jadi aku belum bisa memberikan apa keputusan untuk hal itu nanti akan kita lihat apakah perlu," ujarnya.

Dihubungi secara terpisah, Deputi Direktur Bidang Humas dan Antar Lembaga BP Jamsostek Irvansyah Utoh Banja mengatakan relaksasi berupa penundaan iuran berlaku untuk pemberi kerja atau pengusaha.

Meski begitu, dirinya belum mengetahui secara rinci berapa besaran relaksasinya lantaran payung hukumnya belum diterbitkan oleh pemerintah.

"Kami sedang menunggu regulasinya, relaksasi iuran untuk pengusaha atau pemberi kerja," kata Utoh.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 08 September 2020 - 19:46:32 WIB

    Ini Syarat yang Harus Dipenuhi untuk Dapat Keringanan Iuran BPJS Ketenagakerjaan

    Ini Syarat yang Harus Dipenuhi untuk Dapat Keringanan Iuran BPJS Ketenagakerjaan HARIANHALUAN.COM - Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2020, mulai Agustus 2020 hingga Januari 2021, pemerintah memberlakukan relaksasi iuran program jaminan sosial ketenagakerjaan..
  • Rabu, 26 Agustus 2020 - 18:34:34 WIB

    Simak Daftar Jaminan BPJS Ketenagakerjaan yang Iurannya Diskon 99 Persen

    Simak Daftar Jaminan BPJS Ketenagakerjaan yang Iurannya Diskon 99 Persen HARIANHALUAN.COM - BPJS Ketenagakerjaan tengah menyelesaikan Rancangan Perpu terkait dana penyesuaian iuran program jaminan sosial selama pandemi covid-19, tinggal menunggu ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo..
  • Rabu, 26 Agustus 2020 - 12:51:40 WIB

    Maaf, Diskon Iuran BP Jamsostek Hanya Berlaku Sementara

    Maaf, Diskon Iuran BP Jamsostek Hanya Berlaku Sementara HARIANHALUAN.COM - Guna meringankan beban perusahaan dalam pembayaran BP Jamsostek tahun 2020, Pemerintah memberikan diskon 1% iuran BP Jamsostek untuk program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Namun,.
  • Rabu, 19 Agustus 2020 - 20:17:44 WIB

    Besaran Iuran BPJS Kesehatan Terbaru dan Dendanya, Cek Yuk Agar Tak Terkejut

    Besaran Iuran BPJS Kesehatan Terbaru dan Dendanya, Cek Yuk Agar Tak Terkejut HARIANHALUAN.COM - Pemerintah telah memutuskan untuk menaikkan iuran BPJS Kesehatan 2020 yang berlaku mulai 1 Juli 2020. Adapun iuran peserta BPJS kelas III sebesar Rp 42.000 per orang per bulan. Sementara denda tertinggi b.
  • Kamis, 02 Juli 2020 - 22:56:19 WIB

    Berikut Rincian Iuran Baru BPJS Kesehatan

    Berikut Rincian Iuran Baru BPJS Kesehatan HARIANHALUAN.COM - Iuran BPJS Kesehatan untuk kelas I dan II resmi naik per hari ini. Hal itu tertuang dalam Perpres Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]