Ratusan TKA Asal China Tiba di Bintan, Gubernur: Mereka Kantongi Izin Kementerian Terkait


Sabtu, 22 Agustus 2020 - 12:19:01 WIB
Ratusan TKA Asal China Tiba di Bintan, Gubernur: Mereka Kantongi Izin Kementerian Terkait Ilustrasi (Republika)

HARIANHALUAN.COM- Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Isdianto menanggapi polemik penolakan di tengah masyarakat dan mahasiswa terkait kedatangan 325 tenaga kerja asing (TKA) asal China di PT Bintan Alumina Indonesia (BAI) di Galang Batang, Kabupaten Bintan.

"Bahwa TKA dari Negeri Tirai Bambu itu sudah mengantongi izin resmi sebagaimana yang telah diatur dalam undang-undang," ucap Gubernur Isdianto di Tanjungpinang, seperti dilansir Antara, Sabtu (22/8/2020).

Menurutnya, kehadiran para TKA itu juga dalam rangka mendukung iklim investasi di Kepri, khususnya Kabupaten Bintan, di tengah situasi pandemi COVID-19 saat ini.

"Kita tidak bisa serta merta menolak kedatangan TKA karena daerah tetap menginginkan investasi tetap berjalan," ucapnya.

Kendati demikian, pihaknya tetap menindaklanjuti masukan berbagai pihak terkait keterlibatan TKA China di PT BAI.

Pemprov Kepri, katanya, akan memanggil pihak PT BAI untuk meminta daftar pekerjaan yang menurut perusahaan itu harus dilakukan oleh para TKA.

"Nantinya saya akan minta daftar pekerjaan yang dikerjakan oleh TKA itu, kemudian akan saya tanyakan ke pihak-pihak yang selama ini bertanya. Mampu tidak mengerjakan pekerjaan itu. Kalau memang mampu, kenapa tidak anak-anak kita yang mengerjakannya," katanya.

Sejak kedatangan ke-325 TKA China melalui Bandara Raja Haji Fisabilillah, Tanjungpinang, Sabtu (8/8), banyak pihak yang menyuarakan penolakan atas kedatangan mereka.

Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Kepri Abdul Bar mengaku bakal memperketat pengawasan terhadap ratusan TKA China yang baru datang di BAI di Galang Batang, Kabupaten Bintan.

"Kami sudah membentuk tim terpadu yang nantinya rutin mendata keberadaan TKA ilegal di PT BAI," ujar Abdul Bar.

Diakuinya, berdasarkan laporan yang diterima dari PT BAI, pekerja asal China ini telah mengantongi izin rencana penggunaan TKA (RPTKA) dari kementerian terkait.

"Perizinan lengkap, kalau tidak lengkap, tentu tidak boleh bekerja di sini," tuturnya.

Lebih lanjut Abdul Bar memastikan tenaga kerja asing itu merupakan tenaga ahli yang dikontrak dalam kurun waktu enam bulan hingga setahun untuk menyelesaikan proyek konstruksi PT BAI.

Dalam proses pengerjaannya, lanjut dia, manajemen PT BAI turut mempekerjakan sekitar 900 tenaga kerja lokal untuk mendampingi TKA China.

"Bukan berarti tenaga kerja lokal tidak mampu. Hanya, TKA ini kan lebih paham, tentu ilmunya dapat diserap oleh pekerja-pekerja kita, apalagi sebagian sudah dikirim ikut pelatihan tenaga kerja di China," jelasnya.(*)

loading...
 Sumber : Antara /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 23 September 2020 - 21:31:36 WIB

    Cuaca Ekstrem, Ratusan Rumah di Pessel Terendam Banjir

    Cuaca Ekstrem, Ratusan Rumah di Pessel Terendam Banjir HARIANHALUAN.COM - Hujan lebat yang menguyur pada beberapa daerah di Kabupaten Pesisir Selatab (Pessel) dengan intensitas tinggi sejak siang mengakibatkan banjir dan longsor di sejumlah titik di daerah tersebut, Rabu (23/9)..
  • Selasa, 15 September 2020 - 14:15:47 WIB

    Tangkap Gembong Narkoba, BNNP Riau Sita 1 Kg Sabu dan Ratusan Butir Ekstasi

    Tangkap Gembong Narkoba, BNNP Riau Sita 1 Kg Sabu dan Ratusan Butir Ekstasi HARIANHAUAN.COM–Seorang pria berinisial Af,  ditangkap  Badan Nasional Narkotika BNN Provinsi  (BNNP) Riau. Dari tangan mantan narapidana kasus yang sama ini  disita barang bukti berupa 1 kilogram sabu-sabu dan 500 but.
  • Senin, 14 September 2020 - 14:38:54 WIB

    Seratusan Buruh Geruduk PT Bencolen Carbon Coal

    Seratusan Buruh Geruduk  PT Bencolen Carbon Coal HARIANHALUAN.COM- Aksi unjuk rasa dilakukan seratusan karyawan lepas stockpile PT Bencolen Carbon Coal (BCC) di Pelabuhan Pulau Baai, Bengkulu, Senin (14/9/2020)..
  • Senin, 07 September 2020 - 12:57:44 WIB

    Duh, Terjadi Ratusan Kasus DBD di Pekanbaru Riau

    Duh, Terjadi Ratusan Kasus DBD di Pekanbaru Riau HARIANHALUAN.COM-Tak hanya pandemi corona, Kota Pekanbaru Riau juga didera  kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).  Sejak Januari hingga kini  tercatat sebanyak 458 kasus DBD di kota ini..
  • Jumat, 21 Agustus 2020 - 15:03:51 WIB

    Peringati Tahun Baru Islam, Ratusan Peserta Ikuti Dauroh 

    HARIANHALUAN.COM-Pengurus Masjid Agung Istiqomah Bengkalis, Riau menggelar Dauroh atau pelatihan bagi para Penghafal dan Pencinta Alquran dalam hari pertama  Tahun Barus Islam  1442 Hijriah..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]