Manfaatkan Teknologi Informasi, Menkes Terawan: Berobat Tanpa Tatap Muka Bisa Cegah Covid-19


Sabtu, 22 Agustus 2020 - 12:26:05 WIB
Manfaatkan Teknologi Informasi, Menkes Terawan:  Berobat Tanpa Tatap Muka Bisa Cegah Covid-19 Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan, ketika pandemi corona melanda Indonesia, pemberian layanan kesehatan perlahan mulai bergeser dengan memanfaatkan teknologi informasi, yakni telemedicine.

Dengan adanya rumah sakit tanpa dinding itu, pasien dengan dokter dapat berkonsultasi tanpa harus bertemu langsung. Dengan demikian penularan virus corona bisa dicegah.

"Menghadapi situasi seperti ini tentunya semua pihak merasakan manfaat teknologi informasi menjadi suatu keharusan, menjadi suatu keniscayaan," ujar Terawan dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekjen Kemenkes Oscar Primadi di acara Kemenkominfo, Sabtu (22/8/2020)..

"Dengan teknologi informasi kita bisa membangun sistem yang menembus kemudahan akses dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang berlaku dalam bingkai e-health atau e-kesehatan. Ini menjadi bangunan besar kita dalam menata sistem kesehatan berbasis digital baik sistem pelaporan, pencataatatan, atau sistem akses pelayanan kesehatan atau telemedicine," jelas Terawan.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggelar diskusi publik bertajuk 'Telemedisin untuk Peningkatan Kualitas Layanan Kesehatan."

Acara tersebut dibuka oleh Menkominfo Johnny G Plate dan Menkes Terawan Agus Putranto. Namun Terawan berhalangan hadir dan diwakili Sekjen Kemenkes Oscar Primadi. Oscar lalu membacakan sambutan Terawan dalam acara itu.

Ia memaparkan jumlah fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) yang ada di Indonesia dalam menghadapi pandemi corona. Fasyankes tersebut terdiri dari rumah sakit, puskesmas, klinik hingga apotek.

"Jumlah puskesmas sampai kecamatan-kecamatan di Tanah Air 10.168, jumlah rumah sakit kita baik swasta atau pemeritah data per Juni 2020, itu ada 2.877," 

"Klinik baik yang pratama, utama yang dimiliki swasta itu 9.205. Kemudian apotek, bagaimana pun apotek bagian penting dari faskes, itu ada 30.260 di seluruh Indonesia," tambahnya. (*)


 

loading...
 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]