Donat Kepang Korea Bernama Kkwabaegi dengan Saus Coklat, Ini Resepnya


Sabtu, 22 Agustus 2020 - 13:30:42 WIB
Donat Kepang Korea Bernama Kkwabaegi dengan Saus Coklat, Ini Resepnya Donat kepang korea

HARIANHALUAN.COM – Mau mencoba sesuatu yang beda? Ini dia donat kepang Korea atau kkwabaegi. Renyah, garing, dan manis serta harum dari gula bubuk kayu manis adalah kebagian favorit dari donat ini.  

Orang Korea suka menjadikan donat spiral ini menjadi camilan mereka. Anak-anak juga suka dibuatkan camilan satu ini. Kamu bisa membuat donat kepang Korea berikut dari resep The Subverive Table. 

Resep donat kepang Korea 

Bahan: 
3 cup tepung terigu 
1 cup susu cair 
3 sendok makan mentega, lelehkan 1 butir telur 
6 sendok makan gula 
2 ¼ sendok teh ragi instan ( 1 sachet) 
½ sendok teh garam 

Gula Taburan:
¼ cup gula 
1 sendok makan bubuk kayu manis 

Cara membuat donat kepang Korea 

1. Panaskan susu dan mentega cair sampai hangat-hangat kuku. Masukkan ragi ke dalamnya dan biarkan 5 menit sampai berbusa. Tambahkan telur dan kocok sampai tercampur.

 2. Campurkan tepung terigu, gula dan garam dalam satu wadah. Tambahkan adonan ragi cair dan aduk sampai membentuk adonan padat. Adonan akan sedikit lengket jadi tambahkan sedikit taburan tepung jika diperlukan. 

Tutup adonan dan letakan di tempat hangat sampai ukurannya mengembang dua kali lipat sekitar 1 jam. Kempeskan adonan dan biarkan mengembang kembali selama 45 menit. Adonan butuh proses pengembangan sebanyak dua kali.

3. Bagi adonan menjadi 16 potong ukuran sama. Caranya, bagi adonan jadi dua kemudian tetap bagi dua adonan dari setiap potongnya sampai berjumlah 16. 

4. Bentuk adonan jadi spiral: ambil satu potong adonan dan gulung memanjang dengan tangan, panjangnya sekitar 10 inci. 

5. Plintir secara bersamaan, satu sisi gulung ke arah depan dan satu sisi ke arah kamu. 

6. Tahan ujungnya dan angkat ke dua ujung adonan menjadi bentuk U. Adonan akan memutar dengan sendirinya. 

7. Cubit atau rekatkan ujungnya. Lalu taruh ke atas loyang yang dialas kertas roti dan biarkan adonan mengembang selama 15 menit. 

Sementara itu siapkan wadah dialas kertas minyak dan taruh di cooling rack untuk tempat meniriskan donat setelah dimasak. Siapkan juga panci berisi minyak untuk menggoreng dan termometer. 

8. Panaskan minyak sampai suhu 325 F. Masukkan donat, masak dengan suhu antara 300-325 F. jika tsuhu terlalu panas kecilkan apinya. Masak selama 2-4 menit sampai donat kecoklatan. 

9. Sementara menuggu donat matang, siapkan campuran gula dan bubuk kayu manis di dalam wadah besar. Segera setelah donat matang, angkat dan masukkan donat ke dalam adonan gula dan bungkus semua sisi donat dengan campuran gula dan bubuk kayu manis. 

10. Donat kepang Korea siap dinikmati selagi hangat. Donat ini juga bisa dibekukan dan kembali dipanaskan ketika akan disantap. (*)
 

loading...
 Sumber : kompas.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]