Begini Cara Mengelola Keuangan di Tengah Ancaman Resesi


Sabtu, 22 Agustus 2020 - 14:06:36 WIB
Begini Cara Mengelola Keuangan di Tengah Ancaman Resesi Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Saat ini ekonomi Indonesia di ambang resesi setelah pertumbuhan ekonomi kuartal II tahun ini minus 5,3%. Meski belum masuk jurang resesi, tapi tidak ada salahnya kita bersiap-siap, sediakan payung sebelum hujan.

Dalam menghadapi kemungkinan resesi, istilah Cash is king menjadi topik yang sangat penting. Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini mengatakan, pada saat situasi krisis seperti saat ini memang uang cash menjadi hal yang sangat penting. Namun, bukan berarti semua kebutuhan bisa dipenuhi oleh uang cash.

Menurut Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini, jika hanya mengandalkan uang cash yang dalam hal ini berupa dana darurat, tidak akan cukup untuk mengcover semua kebutuhan. Mengingat kebutuhan di saat pandemi ini sangat besar.

"Benar cash is king dalam kondisi seperti ini. Tapi kan tidak semuanya kalau kita hanya mengandalkan cash saja kebutuhan yang namanya emergency itu tidak bisa ditebak berapanya karena itu jika tidak bisa kalau kita hanya mengandalkan cash saja kebutuhan akan cash itu akan sangat besar," jelasnya.

Selain dana darurat, dirinya juga menyarankan untuk menyiapkan dana dalam investasi, lalu menggunakan asuransi seminimalnya untuk mengcover kebutuhan kesehatan.

"Yang harus kita sediakan tadi ya dana darurat tadi gabungan dengan investasi kita. Kalau mengandalkan itu akan sangat besar. Oleh karena itu disiasati dengan adanya asuransi," kata Mike.

Menurut Mike, nantinya likuiditas ini lah yang akan digunakan untuk menghadapi situasi tersulit seperti resesi ekonomi karena pandemi. Sehingga pada saat situasi seburuk apapun sudah bisa tercover seluruhnya.

Sementara itu, Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan pengeluaran juga harus bisa dipilah-pilah. Ada baiknya pengeluaran yang sifatnya tidak terlalu penting atau yang sifatnya untuk memenuhi kebutuhan lifestyle ada baiknya untuk ditunda.

"Misalnya oh ingin jajan Boba kopi hal hal seperti itu yang saran saya kurangi lagi. Karena kita mau alokasikan dana tersebut kita alokasikan untuk dana darurat," kata Andi.

"Kalau mau investasi boleh tapi taruhlah di instrumen investasi yang cenderung rendah risikonya. Misalnya di deposito lah logam mulia misalnya gitu dibandingkan misalnya di pasar saham kecuali dia trader," jelas Perencana Keuangan Andi Nugroho.

Andi Nugroho mengatakan, alasan mengapa uang cash menjadi sangat penting adalah agar bisa menjadi modal ketika situasi sulit menerpa. Misalnya terjadi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada perusahaan tempat bekerja.

Atau bagi mereka yang menjalankan bisnis juga bisa saja terkena dampak. Misalnya bisnis yang dijalankan bangkrut karena penjualan tidak seimbang dengan pemasukan.

"Bisa dibilang seperti itu. Karena kan istilahnya kalau terjadi resesi kemungkinan bisa terjadi pengurangan karyawan ataupun kita punya bisnis mungkin pertumbuhan bisnis kita berkurang," ujarnya. (*)

loading...
 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 28 September 2020 - 14:09:03 WIB

    Resesi Sudah Tiba, Begini Jeritan Pengusaha Mal

    Resesi Sudah Tiba, Begini Jeritan Pengusaha Mal HARIANHALUAN.COM- Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja mengaku, bahwa bagi pelaku usaha pusat perbelanjaan telah merasakan resesi ekonomi dalam beberapa bulan terakhir. .
  • Rabu, 23 September 2020 - 12:14:54 WIB

    Antisipasi Krisis, Begini Cara Kementan Manfaatkan Singkong Jadi Gula Cair

    Antisipasi Krisis, Begini Cara Kementan Manfaatkan Singkong Jadi Gula Cair HARIANHALUAN.COM - Peneliti BB Pascapanen, Agus Budiyanto mengatakan kebutuhan gula di Indonesia makin lama makin meningkat. Alternatif untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memanfaatkan secara maksimal sumber gula d.
  • Selasa, 15 September 2020 - 12:19:50 WIB

    Pandemi Covid-19, Begini Kinerja Emiten Perbankan Buku 4 di BEI

    Pandemi Covid-19, Begini Kinerja Emiten Perbankan Buku 4 di BEI HARIANHALUAN.COM - Sektor perbankan adalah salah satu sektor yang cukup disoroti di tengah pandemi covid-19. Data pertumbuhan PDB yang dirilis oleh BPS menunjukan bahwa pada triwulan II 2020, sektor jasa keuangan mengalami pe.
  • Kamis, 10 September 2020 - 06:28:52 WIB

    Begini Cara Siapkan Dana Darurat Sebelum Resesi Terjadi

    Begini Cara Siapkan Dana Darurat Sebelum Resesi Terjadi HARIANHALUAN.COM - Jurang resesi ekonomi sudah di depan mata akibat dampak pandemi yang tak kunjung usai. Karena itu masyarakat harus mengalokasikan dana untuk dana darurat untuk mengantisipasi dampak tersebut..
  • Selasa, 08 September 2020 - 15:24:04 WIB

    Begini Cara Mendapatkan Stimulus Covid-19

    Begini Cara Mendapatkan Stimulus Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Saat ini stimulus covid-19 bulan september sudah dapat dinikmati pelanggan Rumah Tangga dengan daya 450 VA dan pelanggan Rumah Tangga 900 VA bersubsidi, Sosial dan Bisnis Kecil 450 VA. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]