Hati-hati, Covid-19 pada Mereka Ini Berisiko Gangguan Jantung dan Bahayakan Nyawa


Sabtu, 22 Agustus 2020 - 15:09:35 WIB
Hati-hati, Covid-19 pada Mereka Ini Berisiko Gangguan Jantung dan Bahayakan Nyawa Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Hati-hati untuk para pasien Covid-19 yang sebelumnya sudah memiliki hipertensi, atau ada riwayat penyakit jantung dan strok serta diabetes, karena mereka berisiko mengalami gangguan kondisi jantung. Hal ini bisa membahayakan nyawa.

"Covid-19 bisa involve jantung kita dan kalau sampai kena jantung kita ini sangat berbahaya," ujar dokter spesialis jantung dari Mount Elizabeth Novena Hospital, Singapura, Nikolas Wanahita, dalam webinar, Jumat (21/8).

Manifestasi di jantung akibat Covid-19 bisa gagal jantung, aritmia atau masalah irama jantung, kerusakan otot jantung karena serangan jantung atau ada penyumbatan di koroner atau inflamasi di otot jantung. Selain jantung, pasien juga bisa terkena strok karena penggumpalan darah di otak dan penggumpalan darah di paru-paru.

"Semua ini komplikasi yang serius," kata Nikolas.

Nikolas mengatakan, virus SARS-CoV-2 bukan hanya satu-satunya yang merusak jantung, tetapi juga sistem imunitas akibat viral load dalam jumlah banyak. Viral load diasosiasikan dengan keparahan infeksi Covid-19 pada seseorang. Inilah salah satunya yang bisa menjadi faktor adanya orang-orang dengan Covid-19 bisa tanpa gejala, bergejala ringan atau justru parah.

"Jika viral load masuk banyak, mungkin juga karena imunitas kurang kuat, terjadi badai sitokin berlebihan. Ada enzim karena sitokin naik, menyebabkan sebabkan inflamasi, hipertensi, darah menjadi kental, ketiganya ini yang menyebabkan jantung jadi bermasalah," ujar Nikolas.

Penggumpalan darah ini juga bisa terjadi di otak dan meningkatkan angka kejadian strok yang dipicu Covid-19. Menurut Nikolas, tes D-Dmer bisa membantu mendeteksi orang-orang yang kemungkinan atau rawan mengembangkan masalah dengan gumpalan darah.

loading...
 Sumber : Republika /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 24 September 2020 - 21:46:42 WIB

    Hati-hati, Ini Bahaya Tidak Sikat Gigi Sebelum Tidur

    Hati-hati, Ini Bahaya Tidak Sikat Gigi Sebelum Tidur HARIANHALUAN.COM - Anda perlu khawatir jika melupakan sikat gigi sebelum tidur. Sisa-sisa sarapan, makan siang, makan malam, dan makanan ringan yang mungkin Anda tidak menyadari "tersimpan" di dalam mulut di antara gigi Anda..
  • Rabu, 23 September 2020 - 14:25:20 WIB

    Hati-hati, Penderita Hipertensi Sulit Sembuh Jika Terpapar Covid-19

    Hati-hati, Penderita Hipertensi Sulit Sembuh Jika Terpapar Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Kasus virus Corona atau Covid-19 yang terjadi di Indonesia saat ini sangat mengakhawatirkan. Hal itu mendorong masyarakat untuk lebih berhati-hati dan tetap menjaga diri dengan selalu menerapkan protokol ke.
  • Kamis, 10 September 2020 - 07:44:38 WIB

    Hati-hati, Main HP di Kamar Mandi Bisa Sebabkan Ambeien

    Hati-hati, Main HP di Kamar Mandi Bisa Sebabkan Ambeien HARIANHALUAN.COM –  Meskipun mungkin menyenangkan karena bisa menghabiskan waktu dengan membuka media sosial (medsos), kebiasaan main handphone (HP) saat buang air besar (BAB) pada kenyataannya bisa memiliki dampak buruk b.
  • Selasa, 01 September 2020 - 19:54:38 WIB

    Toilet Mengeluarkan Bau Tanpa Sebab? Hati-hati, Bisa jadi Penyebab Penyebar Virus Corona

    Toilet Mengeluarkan Bau Tanpa Sebab? Hati-hati, Bisa jadi Penyebab Penyebar Virus Corona HARIANHALUAN.COM - Sejauh ini informasi penyebaran virus corona itu melalui droplet orang terinfeksi maupun airbone di ruangan tanpa ventilasi yang baik. Namun, penelitian terbaru mengungkapkan bahwa virus corona bisa menyeba.
  • Jumat, 07 Agustus 2020 - 19:50:26 WIB

    Hati-hati, Kemasan Burger Bisa Picu Berbagai Penyakit

    Hati-hati, Kemasan Burger Bisa Picu Berbagai Penyakit HARIANHALUAN.COM - Plastik pembungkus makanan, seperti burger, di restoran cepat saji ditemukan mengandung bahan kimia beracun yang bisa berbahaya untuk kesehatan. Hal itu ditemukan dalam sebuah penelitian anyar yang digagas .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]