IJTI Sumbar Benarkan Seorang Wartawan di Padang Positif Covid-19


Sabtu, 22 Agustus 2020 - 15:11:31 WIB
IJTI Sumbar Benarkan Seorang Wartawan di Padang Positif Covid-19 Ketua IJTI Pengda Sumbar, John Nedy Kambang. Ist

HARIANHALUAN.COM - Mengenai informasi seorang jurnalis yang terpapar virus corona berdasarkan update data yang dikeluarkan oleh Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal pada Sabtu pagi dibenarkan oleh IJTI Sumatera Barat.

"Atas nama organisasi kami menyatakan ikut prihatin dengan apa yang menimpa rekan kerja tersebut," kata Ketua IJTI Pengda Sumbar, John Nedy Kambang, Sabtu (22/8/2020).

Lanjut John, ia juga mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh wartawan tersebut, telah melakukan swab test dengan kesadaran sendiri. Selanjutnya, IJTI akan mendorong rekan-rekan lainnya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan, serta kesehatan selama melakukan liputan di lapangan.

Hal yang perlu diingat adalah tidak ada berita seharga nyawa. Artinya, nyawa jauh lebih penting.

"Sejak awal, kami di IJTI sudah berusaha untuk melakukan jaga jarak dengan narasumber. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan melakukan Press Conference Online (PCO) atau wawancara jarak jauh. Itu dilakukan saat pandemi ini bermula," lanjutnya.

Namun seiring dengan pelonggaran PSBB dan banyaknya aktivitas warga seperti normal kembali, juga ikut berpengaruh terhadap kerja jurnalis.

"Kalau biasanya jaga jarak melalui wawancara online, sekarang harus diakui, sudah banyak yang pertemuan fisik," tambahnya.

John juga mengimbau kepada anggota IJTI Sumbar dan rekan-rekan jurnalis lain untuk melakukan tes swab, khususnya yang pernah melakukan kontak erat dengan anggota IJTI yang terpapar tersebut. Ia juga menegaskan jika Covid-19 bukanlah aib, sehingga tidak ada pihak yang berusaha untuk mengucilkan. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]