Tips Memilih Celana Dalam, agar Terhindar dari Infeksi Vagina


Sabtu, 22 Agustus 2020 - 15:34:46 WIB
Tips Memilih Celana Dalam, agar Terhindar dari Infeksi Vagina Ilustrasi pakaian dalam wanita. (Freepik)

HARIANHALUAN.COM - Celana dalam letaknya memang tersembunyi. Meski demikian perlu memperhatikan pemakaiannya agar merasa nyaman dan terhindar dari masalah kesehatan.

Dilansir dari Grid.ID, Sabtu (22/8/2020), menurut Octavia Cannon, dokter kandungan dan kebidanan, memberikan beberapa aturan untuk memilih celana dalam, agar perempuan terhindar dari masalah kesehatan di kemudian hari:

1. Hindari celana dalam bertali

Mengenakan lingerie memang akan terlihat seksi dan membuat pasangan bergairah. Namun, celana dalam bertali malah berisiko bagi kesehatan.

Menurut Cannon, celana dalam bertali dapat menyebabkan bakteri, termasuk Escherichia coli menyebar dari anus ke vagina.

"Bayangkan di mana tali celana dalam itu berada ketika kamu sedang duduk," ungkap Cannon.

Tapi, bukan berarti kamu harus buang jauh-jauh celana dalam bertali. Opsi terbaik, kenakan celana dalam bertali saat malam hari agar tubuh mendapatkan ruang dan udara bebas.

2. Pilih pakaian dalam berbahan katun

Dibandingkan bahan sutra dan lainnya, bahan kapas lebih baik untuk celana dalam. Bahan kapas dapat membuat sirkulasi udara lebih baik.

Oleh karena itu, pilihan celana dalam jenis tersebut dapat mencegah serangan bakteri dan infeksi.

3. Ganti celana dalam setelah berolahraga

Untuk benar-benar bersih dan bebas penyakit, mandi saja tidak cukup. Jangan lupa untuk mengganti celana dalam. Apalagi alat-alat fitness merupakan tempat yang disebut-sebut paling banyak bakteri.

"Jamur dan bakteri suka lingkungan yang hangat, lembab dan gelap," katanya.

4. Gunakan deterjen yang tidak diberi wewangian

Mengenakan deterjen yang diberi wewangian adalah hal lumrah. Karena pada dasarnya kita masih menilai pakaian bersih dari wanginya setelah dicuci.

Tapi, pada orang yang kulitnya sensitif, wewangian itu malah bisa membuat kulit terasa iritasi. Maka dari itu, baiknya untuk memilih deterjen tanpa wewangian agar kulit aman.

5. Jangan kenakan celana dalam yang sempit

Kalau celana dalam sudah tidak bisa melewati paha, jangan dipaksakan, karena ada alasan yang baik bagi kesehatan di balik itu.

"Jika celana dalam kamu meninggalkan bekas pada kulit, akan berisiko terkena infeksi vagina dan ruam," jelasnya.

6. Jangan gunakan berkali-kali

Cukup sekali mengenakan celana dalam. Bila sudah digunakan, pastikan untuk tidak dikenakan lagi sebelum benar-benar dicuci bersih. Karena celana dalam yang digunakan berulang tanpa dicuci malah berisiko untuk kesehatan.

7. Pilih model seamless

Diwartakan melalui laman Tribun Medan, celana dalam seamless biasanya berbahan spandex, memiliki bagian pinggir jahitan yang sangat tipis, dan terkadang juga tidak menggunakan jahitan.

Celana dalam model ini sangat ramah pada area vagina kita, karena celana dalam seamless tidak memiliki garis elastis yang bisa membuat iritasi kulit.

8. Lepaskan celana dalam saat tidur

Tak ada salahnya untuk meninggalkan pakaian dalam saat kita akan tidur.

Menurut Dr. Samantha Dunham, ahli reproduksi wanita dari NYU Langone Medical Center, hal ini untuk menjaga area vagina tetap kering dan menghindari risiko infeksi yang bisa terjadi pada saat kita tidur.

Jangan lupa, kenakan baju tidur yang longgar dan tidak sempit. Nah, itulah beberapa aturan dalam memilih dan menggunakan celana dalam bagi wanita. Pertimbangkan bahan dan fungsinya juga, agar vagina kita tetap sehat, ya. (*)

loading...
 Sumber : Grid.ID /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 30 September 2020 - 06:30:02 WIB

    Tips Kelola Dana Travelling Tak Terpakai, Bisa Bayar Utang hingga Investasi

    Tips Kelola Dana Travelling Tak Terpakai, Bisa Bayar Utang hingga Investasi HARIANHALUAN.COM - Di dalam masa pandemi ini penting untuk mengatur keuangan sesuai tujuan finansial masing-masing demi kondisi keuangan yang lebih baik. Berikut ini tips mengelola dana travelling “nganggur” yang tak terp.
  • Senin, 28 September 2020 - 21:30:30 WIB

    Tips Menstabilkan Internet di HP, Streaming Film Tanpa Buffering

    Tips Menstabilkan Internet di HP, Streaming Film Tanpa Buffering HARIANHALUAN.COM - Pernahkah kalian ketika sedang bermain game online di HP tiba-tiba terjadi lag di tengah permainan hingga akhirnya membuat kalian kalah?. Sebagian besar pengguna pasti pernah merasakannya..
  • Senin, 28 September 2020 - 06:06:10 WIB

    M-Banking Rentan, Ini Tips agar Tak Dijebol

    M-Banking Rentan, Ini Tips agar Tak Dijebol HARIANHALUAN.COM - Meski memudahkan transaksi konsumen secara real time melalui ponsel, mobile banking alias m-banking masih dianggap memiliki keamanan yang rentan. Pengguna diminta memiliki kewaspadaan lebih tinggi lewat sej.
  • Senin, 21 September 2020 - 08:58:09 WIB

    Tips Agar Tidak Terjadi Lagi Kekerasan Saat Belajar di Rumah

    Tips Agar Tidak Terjadi Lagi Kekerasan Saat Belajar di Rumah HARIANHALUAN.COM - Mendampingi anak belajar dari rumah (BDR) selama pembelajaran jarak jauh ternyata bukan perkara mudah. Banyak persoalan muncul dari kebiasaan baru ini; orangtua yang panik hingga marah-marah saat mendamping.
  • Selasa, 15 September 2020 - 13:12:52 WIB

    6 Tips Cerdas Membeli Rumah Lewat KPR

    6 Tips Cerdas Membeli Rumah Lewat KPR HARIANHALUAN.COM - Bagi Anda yang berniat untuk membeli rumah lewat KPR. Ikuti yuk 6 (enam) tips cerdas berikut ini..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]