7 Makanan Ini Ampuh Menghilangkan Bau Vagina


Sabtu, 22 Agustus 2020 - 15:49:04 WIB
7 Makanan Ini Ampuh Menghilangkan Bau Vagina Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Organ intim terkadang menimbulkan bau tak sedap. Kondisi ini membuat wanita merasa kurang percaya diri. Apalagi menimbulkan masalah kesehatan. Sungguh tidak mengenakan.

Kendati demikian, vagina yang agak berbau sebenarnya merupakan hal yang normal terjadi. Namun apabila aroma vagina berbau menusuk atau amis, mungkin saja hal ini termasuk pertanda gangguan kesehatan tertentu.

Menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan atau vagina sangatlah penting. Tak hanya memengaruhi kenyamanan, kondisi vagina tak sehat juga bisa menjadi gejala dari penyakit yang tak diinginkan.

Seperti dikutip dari Grid.ID, Sabtu (22/8/2020), ada beberapa alasan kenapa vagina bisa berbau tidak sedap, yaitu:

· Jarang dibersihkan

· Malas ganti pembalut ketika menstruasi

· Menggunakan celana dalam yang super ketat

· Keringat yang berlebihan

· Perubahan hormon

· Konsumsi makanan beraroma kuat, misalnya cabai, lada, kol, keju, ikan, dan brokoli.

· Infeksi bakteri

· Penyakit trikomoniasis

Namun, ternyata ada beberapa makanan sederhana yang akan mengatasi masalah di atas. Tujuh makanan ini akan membuat vagina tidak berbau tak sedap lagi. Inilah ketujuh makanan tersebut:

1. Alpukat

Makanan ini memang lebih dikenal untuk diet. Namun, tahukan kamu kalau alpukat ternyata juga bagus untuk kesehatan vagina dan membuat vagina kita jadi tak berbau?

Lemak yang ada pada alpukat sebenarnya menjaga dinding vagina, sehingga tetap terlumuri dengan baik. Oleh karena itu, vagina tak akan kering dan iritasi.

Selain itu, ada pula kandungan vitamin B6 dan potassium yang membuat vagina kita sehat. Namun ingat, hanya makan setengah alpukat per hari, ya. Kelebihan makan alpukat juga tidak bagus untuk keseluruhan kesehatan vagina.

2. Bawang putih

Bukannya bawang putih seharusnya membuat vagina kita berbau?. Memang benar hal itu. Namun, kalau kita hanya makan 2-3 siung bawang putih per hari, rasa gatal, berbau, hingga keputihan justru akan berkurang drastis.

3. Lemon

Lemon memiliki kandungan asam yang cukup tinggi untuk membuat kandungan pH vagina kita berada dalam taraf normal. Kalau sudah begini, vagina juga akan dalam keadaan sehat dan terhindar dari infeksi.

4. Nanas

Pernahkah kamu mencoba makan nanas dan mengecek vagina?. Biasanya vagina kita akan menjadi lebih manis, loh.

Ini bisa terjadi karena nanas punya kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi, sehingga kesehatan vagina makin terjaga.

5. Ubi

Ubi ternyata jadi makanan yang paling pas untuk kesehatan vagina kita. Di dalamnya, ada vitamin A yang membuat dinding vagina lebih kuat dan produksi hormon stabil.

6. Pisang

Pisang tidak hanya bagus untuk diet. Di dalamnya punya kandungan vitamin B6 dan C, serta mineral seperti magnesium, potassium, dan biotin yang seluruhnya membuat vagina kita jadi lebih sehat dan anti bau.

7. Yogurt

Yogurt memang seharusnya dimakan tiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh dan vagina kita.

Jadi, bakteri lactobacillus bukan hanya bekerja untuk menjaga pencernaan, tapi juga mencegah adanya organisme yang menyebabkan kesehatan vagina kita terganggu.

Kandungan lactic acid di dalamnya juga mematikan bakteri penyebab bau vagina. Itulah beberapa makanan yang akan mengatasi vagina yang bau.

Namun, jika masalah vagina bau tak kunjung teratasi, kamu haru mengunjungi dokter untuk penanganan lebih lanjut, ya. (*)

loading...
 Sumber : Grid.ID /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]