KKP Gaet Gojek Pasarkan Produk Perikanan Lewat Platform Digital


Sabtu, 22 Agustus 2020 - 16:45:25 WIB
KKP Gaet Gojek Pasarkan Produk Perikanan Lewat Platform Digital Dok KKP

HARIANHALUAN.COM - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggandeng beberapa platform digital untuk mempromosikan serta mendistribusikan produk-produk hasil perikanan agar lebih mudah dijangkau masyarakat. Kerja sama ini juga untuk mendorong majunya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) khususnya di bidang kelautan dan perikanan.

Penandatangan Perjanjian Kerja Sama antara KKP dengan TaniHub Group, Aruna, Grab dan Gojek berlangsung di Kantor KKP, Jakarta Pusat. Bersamaan dengan acara soft launching Pasar Laut Indonesia dan launching Sistem Resi Gudang (RSG) Ikan.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyebut kerja sama KKP dengan platform digital membawa angin segar bagi majunya usaha kelautan dan perikanan Indonesia.

"Situasi sekarang sudah berbeda. Orang mau makan tidak lagi susah-susah keluar rumah, karena saat orang bisa berbelanja dengan online," ujar Menteri Edhy didampingi Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Nilanto Perbowo dikutip dari KKP RI, Sabtu (22/8/2020).

Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan masyarakat mudah dalam memperoleh produk-produk perikanan. Dengan demikian, tingkat konsumi ikan pun bisa ikut terdongkrak.

Dirjen PDSPKP Nilanto Perbowo menjelaskan, KKP saat ini juga memiliki platform Pasar Laut Indonesia sebagai wadah pembinaan untuk para pelaku UMKM bidang kelautan dan perikanan. Sejauh ini, KKP sudah menyeleksi lebih dari 800 UMK dari target 2.000 UMK.

Salah satu verifikasi terhadap UMKM adalah kualitas produk yang dihasilkan aman dikonsumsi masyarakat. Sehingga dia optimis, kualitas dibarengi dengan pasar yang optimal akan menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang maksimal.

Sementara itu, Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi menilai bahwa sektor kelautan dan perikanan berperan penting bagi perekonomian, mengingat Indonesia adalah negara maritim. Dengan memberi dukungan bari koperasi dan UMKM sektor kelautan perikanan, menurutnya langkah serius pemerintah dalam mengembangkan sektor ini.

"Kami sangat senang dapat mendukung usaha KKP dalam memastikan para UMKM khususnya yang memasarkan produk kelautan dan perikanan untuk memiliki akses digital agar mereka bisa bertahan di masa yang sulit ini," ujar Neneng.

Hal senada disampaikan President of TaniHub Group Pamitra Wineka. Dia menilai kerjasama yang dibangun merupakan milestone dan bukti keseriusan pemerintah dan platform digital dalam mengembangkan sektor perikanan Indonesia.

Penandatangan kerja sama antara KKP dengan sejumlah platform digital disaksikan oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki serta perwakilan Kementerian Perekonomian. (*)

loading...
 Sumber : KKP RI /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 24 Januari 2020 - 14:40:02 WIB

    KKP Targetkan Produksi Udang Capai 5 Ton Per Hektare

    KKP Targetkan Produksi Udang Capai 5 Ton Per Hektare BOGOR, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyebut pengembangan sektor budidaya perikanan menjadi prioritas di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Hal ini sesuai dengan amanat Presiden Joko .
  • Kamis, 07 November 2019 - 09:57:33 WIB

    Kebijakan Susi akan Direvisi, Menteri KKP Ungkap Sebabnya

    Kebijakan Susi akan Direvisi, Menteri KKP Ungkap Sebabnya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo baru bekerja sekitar 10 hari. Meski masih sangat singkat, dia mengaku sudah mendapatkan banyak keluhan dari para pengusaha ikan, pembudidaya ikan hingga .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]