50 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Sudah Diamankan, Siap Diproduksi di Indonesia


Sabtu, 22 Agustus 2020 - 19:49:55 WIB
50 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Sudah Diamankan, Siap Diproduksi di Indonesia Vaksin Covid-19 dari Rusia (AP/Alexander Zemlianichenko Jr)

HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 50 juta dosis vaksin Covid-19 telah diamankan PT Bio Farma (Persero) untuk segera diproduksi dalam negeri. Hal ini ditandai dengan kepastian dari Sinovac yang akan memasok 50 juta bulk/konsentrat vaksin Covid-19 Ready to Fill (RTF) ke Bio Farma mulai November 2020.

Corporate Secretary Bio Farma Bambang Heriyanto mengatakan satu bulk ini nantinya akan menjadi satu dosis vaksin. Artinya setidaknya sudah ada 50 juta vaksin di dalam negeri di awal tahun depan.

"Bulk ini nantinya akan jadi dalam juta dosis, yakni 50 juta dosis," kata kata Bambang, Sabtu (22/8/2020).

Berdasarkan siaran pers yang dirilis Bio Farma, kedua perusahaan telah melakukan penandatanganan Preliminary Agreement of Purchase and Supply of Bulk Production of Covid-19 Vaccine.

Dalam kesepakatan tersebut disebutkan bahwa Sinovac akan memasok 50 juta dosis bulk mulai November 2020 hingga Maret 2021. Tiap-tiap bulan jumlah bulk yang masuk berjumlah 10 juta dosis.

Setelah bulk ini masuk ke dalam negeri, akan dilakukan serangkaian pengujian di Bio Farma dan proses registrasi di Badan POM, sampai pada akhirnya siap untuk diproduksi. Produksi sendiri baru akan dimulai setelah uji klinis ketiga selesai pada Januari 2021 nanti.

Setelah proses - proses tersebut selesai, Bio Farma akan melanjutkan proses filling and packaging untuk menjadi produk akhir (Finished Product) sehingga di dalamnya terdapat komponen Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), dan transfer teknologi dalam bidang fill/finish bulk dengan technology transfer pengujian.

"Bulk yang akan diterima, mulai bulan November 2020 tidak akan langsung diproduksi, melainkan tetap akan menunggu UK fase 3 selesai dilaksanakan sambil dilakukan beberapa tahapan pengujian di lab Bio Farma dan registrasi ke Badan POM," jelasnya. (*)

loading...
 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]