Buat Pecinta Film Horor, Kurang Seru Kayaknya Kalau Belum Nonton 5 Film Ini


Sabtu, 22 Agustus 2020 - 20:12:06 WIB
Buat Pecinta Film Horor, Kurang Seru Kayaknya Kalau Belum Nonton 5 Film Ini Lima film horor barat yang paling menakutkan yang dapat menjadi referensi tontonan untuk menemani malam Anda bersama keluarga. (Dok. Warner Bros. Pictures via imdb.com)

HARIANHALUAN.COM - Khusus bagi anda pencinta film seram, rasanya wajib hukumnya mengetahui beberapa film horor barat yang paling menakutkan, yang sanggup membuat bulu kuduk meremang.

Film horor tak selalu menunjukkan wajah seram setan yang mengejar-ngejar manusia. Lebih dari pada itu, film horor biasanya akan membawa banyak 'kejutan' baik kepada jantung ataupun psikologis penonton.

Apalagi jika film horor tersebut dibumbui genre thriller-misteri, yang seakan-akan membawa sebuah teka-teki di tengah kengerian sepanjang film.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, berikut rangkuman lima film horor barat yang paling menakutkan, yang dapat menjadi referensi untuk menemani malam Jumat Anda.

1. The Exorcist (1973)

Sutradara William Friedkin berhasil menyajikan sebuah film yang disebut-sebut sebagai salah satu film horor terseram sepanjang masa. Dalam 121 menit, film ini secara garis besar menceritakan kisah pengusiran roh jahat dalam tubuh seorang gadis remaja.

Dikisahkan, Chris MacNeil (Ellen Burstyn) merupakan seorang aktris dan single mother yang tinggal bersama putrinya, Regan (Linda Blair) yang berusia 12 tahun. Suatu hari, Regan mulai menunjukkan tingkahnya yang aneh.

Regan mulai suka mengatakan sumpah serapah, bersikap kasar, hingga mengaku kasurnya sering bergetar, seperti ada yang mengganggunya. Namun, Chris mengira polah regan tersebut disebabkan karena trauma psikologisnya.

Suatu hari, rekan kerja Chris Burke Dennings (Jack MacGowran) ditemukan meninggal dunia, saat tengah bersama Regan. Dennings ditemukan meninggal akibat lompat dari jendela, hal itu tak aneh sebab Denning memiliki riwayat peminum.

Usai insiden itu, Letnan William F Kinderman (Lee J. Cobb) pun mencoba menyelidiki kasus tersebut. Ia kerap menanyai Chris, dan juga menyarankan Chris untuk berkonsultasi dengan pendeta sekaligus psikiater muda, Damien Karras (Jason Miller).

Kondisi Regan semakin parah, anak gadis itu mulai melakukan perbuatan ekstrim mengancam dirinya sendiri dan orang lain. 

2. Insidious (2010)

Insidious menceritakan kehidupan sebuah keluarga yang dihantui 'sesuatu' usai pindah di sebuah rumah baru. Kejadian mistis tak masuk akal mulai mengganggu kehidupan keluarga Lambert, usai anak sulungnya koma selama berbulan-bulan.

Anak sulung mereka, Dalton (Ty Simpkins) merasa takut berada di kamarnya sendiri, sebab ia merasa dihantui sesuatu yang tak ia ketahui pastinya. Dalton seperti sedang dipermainkan, ia mendengar suara di loteng dan ketika ia pergi untuk menyelidikinya, ia jatuh tergelinding di tangga dan menyebabkannya koma.

Di rumah sakit, Dokter Sercarz (Ruben Pla), mengatakan kalau dirinya tidak menemukan adanya gangguan pada otak Dalton, namun secara teknis dia berada dalam keadaan koma.

Menjalani perawatan selama tiga bulan dan tidak menemukan hasil signifikan, Renai Lambert (Rose Byrne) dan Josh Lambert (Patrick Wilson) memutuskan untuk merawat Dalton secara mandiri di rumah.

Namun, usai kepulangan Dalton. Renai mulai merasakan keanehan terjadi di rumahnya. Ia kemudian menyimpulkan jika rumahnya berhantu. Dengan segala pertimbangan mereka memutuskan untuk pindah rumah. Namun kepindahan itu rasanya sia-sia, sebab rangkaian peristiwa misterius mulai terjadi lagi di rumah barunya.

3. The Conjuring (2013)

Film horor barat yang paling menakutkan ini disebut-sebut diadopsi dari sebuah kisah nyata. Setting cerita ini berlatar waktu pada tahun 1971 silam. Film garapan James Wan ini mampu membuat sebagian besar penonton masih merinding saat keluar bioskop.

Cerita ini menyoroti aktivitas sepasang suami istri Ed (Patrick Wilson) dan Lorraine Warren (Vera Farmiga) yang berprofesi sebagai demonologis, atau pengusir hantu dan arwah jahat. Dengan sebutan 'The Warrens' mereka sangat terkenal pada zaman itu,

Dengan durasi 112 menit, penonton akan diajak melihat potret sebuah keluarga bahagia, yang membeli rumah di Harrisville Rhode Island melalui lelang bank.

Carolyn (Lily Taylor) dan Roger Perron (Ron Livingston) baru saja pindah ke rumah pedesaan impian mereka di Rhode Island bersama lima putrinya, yaitu Andrea (Shanley Caswell), Nancy (Hayley McFarland), Christine (Joey King), Cindy (Mackenzie Foy), dan April (Kyla Deaver).

Awalnya mereka sangat nyaman tinggal di rumah baru impiannya. Namun hal-hal aneh mulai terjadi saat mereka menemukan sebuah ruang bawah tanah. Sejak saat itu, kengerian mulai terjadi secara perlahan-lahan, bahkan mereka harus merelakan nyawa anjing kesayangan, yang mati dengan sebab tak jelas.

4. Evil Dead (2013)

Film horor Hollywood garapan sutradara Fede Álvarez ini berhasil membuat penonton teriak dan memejamkan mata selama penayangan. Pasalnya banyak adegan gore dan penampakan hantu yang seram, yang menghantui penontonnya dalam 92 menit.

Dikisahkan lima remaja, yakni David (Shiloh Fernandez), pacarnya Natalie (Elizabeth Blackmore), temannya Eric (Lou Taylor Pucci) serta Olivia (Jessica Lucas), pergi ke sebuah pondok terpencil di sebuah hutan untuk membantu Mia (Jane Levy) mengatasi kecanduannya terhadap heroin.

Pondok tersebut sangat hening dan tua. Saat mereka pertama kali datang, mereka menemukan sebuah ruangan bawah lantai yang berisi bangkai kucing. Saat itu, Eric menemukan sebuah buku tua yang terbuat dari kulit, dan ia tertarik membacanya.

Dalam buku itu tertulis beberapa kata menyerupai mantra beserta gambar-gambar mengerikan, namun tanpa takut, Eric malah membacanya dengan lantang. Setelah itu, banyak kejadian aneh terjadi diantara mereka.

Mia yang merasa ada hal aneh, memberitahu keempat temannya untuk segera meninggalkan gubuk tua itu. Namun teman-temannya mengira bahwa ia memang hanya ingin kabur.

5. Hereditary (2018)

Hereditary merupakan film horor barat yang paling menakutkan pada 2018
Hereditary disebut-sebut sebagai film horor terbaik pada 2018. Film berdurasi 127 menit ini mengangkat kisah keluarga Graham yang harus berurusan dengan kejanggalan yang ditinggalkan oleh nenek moyangnya.

Film ini diawali oleh kisah Annie Graham (Toni Collette) yang merupakan seorang arsitek dan ibu dari dua anak laki-laki Peter Graham (Alex Wolff) dan anak perempuan, Charlie Graham (Milly Shapiro).

Annie merasakan sebuah keanehan setelah kematian ibunya. Apalagi ia sempat khawatir melihat tingkah Charlie, yang kerap menggambar dan bermain sendirian di rumah pohon dekat rumahnya.

Suatu hari, Annie meminta Peter mengajak adiknya dalam sebuah pesta anak remaja SMA. Namun sebuah petaka terjadi saat Charlie tewas dengan mengenaskan di jalan. Usai kematian Charlie, hubungan Annie dan Peter sangat renggang, sebab Annie menilai Peter merupakan pembunuh adiknya.

Annie yang tampak nestapa mengikuti sebuah perkumpulan selayaknya 'curhat' dan pengakuan dosa, disana Annie bertemu Joan. Joan memberikan wejangan kepada Annie untuk mengikuti ritual pemanggilan arwah yang pernah ia lakukan untuk memanggil arwah cucu kesayangannya.

Nah, setelah berhasil memberanikan diri membaca ulasan lima film horor barat yang paling menakutkan. Maka tak ada salahnya, Anda juga memberanikan diri, untuk menonton keseluruhan film horor tersebut. (*)

loading...
 Sumber : CNNIndonesia /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]