KPU Pasbar Sosialisasikan Syarat Pencalonan Pilkada


Sabtu, 22 Agustus 2020 - 22:39:16 WIB
KPU Pasbar Sosialisasikan Syarat Pencalonan Pilkada Ketua Devisi Hukum KPU Provinsi Sumbar, Izwaryani saat memberikan materi pada acara sosialisasi syarat dan persyaratan Paslon Bubati dan Wakil Bupati Pasbar.

HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) adakan acara sosialisasi Syarat Pencalonan dan Persyaratan Pencalonan Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Tahun 2020. Acara tersebut bertempat di Aula Hotel Guchi, Simpang Empat, Sabtu (22/8/2020).

Acara tersebut juga dihadiri, Ketua Devisi Hukum KPU Provinsi Sumbar, Izwaryani, Forkopimda, sejumlah OPD, perwakilan dari Partai Politik, Bawaslu Pasbar dan undangan lainnya.

Ketua KPU Pasbar, Alharis kepada haluan.com usai acara tersebut mengatakan, salah satu syarat yang harus dipenuhi setiap Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Pasbar baik itu dari Partai Politik (Parpol) atau Perseorangan untuk mendaftar ke KPU pada tabggal 4-6 September 2020 mendatang harus melakukan tes swab mandiri terlebih dahulu.

"Dari Koordinasi kita bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Povinsi Sumatera Barat (Sumbar), tes swab ini sangat penting untuk para Paslon. karena sekarang ini kita masih dalam situasi pandemi covid 19, dan itu juga merupakan aturan yang terkandung di dalam PKPU nomor 6 Tahun 2020," Ujarnya.

Alharis melanjutkan, selain tes swab mandiri, para paslon ini juga harus mengikuti beberapa tahapan tes kesehatan, seperti tes kesehatan fisik, bebas dari narkoba dan tes pisikologi. serta tes tersebut akan dilakukan oleh tim kesehatan dari IDI, Badan Narkotika Basional (BNN) dan Himpunan Pisikolog Seluruh Indonesia (HIMPSI).

"Setiap Paslon akan diperiksa oleh satu tim kesehatan yang akan kita tunjuk, jika ada sebanyak lima Paslon Bupati dan Wakil Bupati yang mendaftar, maka juga akan ada sebanyak lima tim kesehatannya," terang Alharis.

Disamping itu, untuk mengantisipasi mobilisasi para pendukung dari masing-masing calon, KPU Pasbar akan menyurati semua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati baik itu dari Parpol maupun independen, agar mengarahkan dan mengintruksikan para pendukungnya untuk bisa mematuhi protokol covid 19. (*)

loading...
Reporter : Fadli /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]