Tekan Resiko Penularan Covid-19, Dharmasraya Siagakan 13 Puskesmas untuk Uji Swab


Ahad, 23 Agustus 2020 - 11:07:04 WIB
Tekan Resiko Penularan Covid-19, Dharmasraya Siagakan 13 Puskesmas untuk Uji Swab ilustrasi tes swab

HARIANHALUAN.COM - Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Dharmasraya menyiagakan sebanyak 13 Puskesmas di daerah itu untuk melaksanakan pengambilan sampel cairan hidung dan tenggorokan untuk di uji swab secara serentak pada Senin (24/8/2020) besok. Kegiatan ini merupakan lanjutan tindakan pencegahan penularan virus Covid-19 dengan sasaran utama para guru.

"Juga masuk dalam kegiatan pool test dengan sampel acak di setiap nagari yang masuk dalam wilayah pelayanan masing-masing Puskesmas tersebut," ungkap Kepala Dinas Kesehatan sekaligus Juru Bicara Satuan Gugus Tugas tersebut, dr. Rahmadian, di Dharmasraya, Minggu (23/8/2020). 

Dia menjelaskan, pasca dinyatakan sembuhnya 34 pasien kasus konfirmasi asal daerah itu, pihaknya terus berupaya menekan munculnya kasus baru, terutama, dalam menghadapi mulai dibukanya sejumlah sekolah untuk melakukan pembelajaran secara tatap muka. Secara bertahap, lanjutnya, uji swab akan terus dilakukan berdasarkan pemetaan risiko penularan dan munculnya kluster baru seperti yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia. 

Terkait resiko penularan dari kelompok pejabat daerah, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta staf yang sudah kembali melaksanakan perjalanan dinas keluar daerah, Rahmadian menjelaskan, kelompok tersebut juga menjadi titik perhatian pihaknya untuk dilakukan uji swab. 

"Kita akan laksanakan secara bertahap dan kepada seluruh pihak serta masyarakat luas diminta untuk tetap mempertahankan kebiasaan adaptasi kebiasaan baru pencegahan penularan Covid-19, seperti menggunakan masker, sering-sering mencuci tangan dan tetap menjaga jarak aman," imbaunya. 

Dan bagi individu yang ingin mengikuti uji swab, tambahnya, agar segera mendaftarkan diri ke petugas surveilans di masing-masing Puskesmas. "Covid-19 hanya bisa dihentikan paparannya secara bersama-sama dengan melaksanakan seluruh materi standar protokol kesehatan secara benar, penuh disiplin dan kesadaran tinggi akan pentingnya menyelamatkan jiwa sesama," tutupnya. 

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, memerintahkan seluruh pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang baru pulang dari kegiatan dinas luar khususnya kawasan zona merah penyebaran Covid-19, agar segera melaksanakan uji swab. "Pengujian tidak dipungut biaya dan diminta kepada yang bersangkutan untuk mengisolasi diri untuk sementara waktu sampai hasil laboratorium diterbitkan," tegasnya. (*)

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]