Dapat Utang Rp30 T, Produsen Indomie Bakal Caplok Perusahaan Internasional Ini


Ahad, 23 Agustus 2020 - 14:47:06 WIB
Dapat Utang Rp30 T, Produsen Indomie Bakal Caplok Perusahaan Internasional Ini Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) mendapatkan pinjaman dengan fasilitas sindikasi sebesar US$ 2,05 miliar atau setara Rp 30,1 triliun (kurs Rp 14.700) dengan jangka waktu 5 tahun. Pinjaman itu nantinya akan digunakan untuk mengakuisisi Pinehill Company Ltd.

Perusahaan incaran produsen Indomie itu ditaksir memiliki nilai US$ 2,99 miliar. Lalu siapa sebenarnya Pinehill Company Ltd?

Melansir CNBC Indonesia, Minggu (23/8/2020), Pinehill Company merupakan perusahaan holding yang memiliki 4 anak usaha. Kegiatan utama Grup Pinehill mayoritas memang bergerak di bidang pembuatan mi instan yang tersebar di Arab Saudi, Nigeria, Turki, Mesir, Kenya, Maroko dan Serbia dengan merek Indomie. Mereka memang mendapatkan lisensi dari PT Indofood Sukses Makmur Tbk (induk dari Indofood CBP).

ICBP sendiri akan membeli seluruh saham Pinehill Company Limited. Saat ini saham perusahaan itu 51% dipegang oleh Pinehill Corpora dan 49% dikuasai oleh Steele Lake.

Pinehill Corpora dan Steele Lake atau para penjual setuju dengan syarat untuk menjual dan mengalihkan seluruh saham yang telah diterbitkan oleh Pinehill Company yang saat ini mempunyai penyertaan saham dalam anak perusahaan yang dikonsolidasikan.

Ada penyertaan saham di empat perusahaan:

1. Sebesar 59% saham Pinehill Arabia Food Limited (PAFL), perseroan yang didirikan di Kerajaan Saudi Arabia, yang kegiatan usaha utamanya yakni di bisnis industri manufaktur mi instan di Kerajaan Saudi Arabia.

2. Sebesar 100% saham Platinum Stream Profits Limited, perseroan yang didirikan di BVI (British Virgin Island) dan bergerak di bidang investasi. Saat ini Platinum juga memiliki penyertaan sebesar 48,99% saham Dufil Prima Foods Plc, perseroan terbatas terbuka di Federal Republik Nigeria. Bisnis utamanya di bidang industri manufaktur mi instan Republik Nigeria dan Republik Ghana.

3. Sebesar 59% saham Salim Wazaran Group Limited, perseroan yang didirikan dan berdiri berdasarkan hukum negara BVI, yang bergerak di bidang investasi.

Saat ini Salim Wazaran memiliki penyertaan baik langsung maupun tidak langsung paling sedikit sekitar 80% saham dalam anak perusahaan yang dikonsolidasikan, semuanya di bisnis manufaktur dan distribusi mi instan di masing-masing jurisdiksi, yaitu Republik Mesir, Republik Kenya, Kerajaan Maroko dan Republik Serbia.

4. Sebesar 59% saham Salim Wazaran Gida Sanayi Ve Yatirim Anonim Sirketi, perusahaan joint stock yang didirikan dan berdiri berdasarkan hukum negara Republik Turki. Perusahaan ini bergerak di bidang investasi yang saat ini memiliki penyertaan sebanyak 80% saham Adkoturk Gida Sanayi Ve Ticaret Limited Sirketi, perusahaan di Turki, yang kegiatan usaha di bidang industri manufaktur mi instan di Republik Turki.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 12 September 2020 - 18:14:30 WIB

    Pendapatan Asuransi di Indonesia Pulih Cepat di Masa Pandemi Covid-19

    Pendapatan Asuransi di Indonesia Pulih Cepat di Masa Pandemi Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Industri asuransi di Indonesia telah berkembang pesat selama lima tahun terakhir. Data statistik asuransi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan, pertumbuhan aset terus meningkat sejak 2014 dari Rp8.
  • Selasa, 08 September 2020 - 15:24:04 WIB

    Begini Cara Mendapatkan Stimulus Covid-19

    Begini Cara Mendapatkan Stimulus Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Saat ini stimulus covid-19 bulan september sudah dapat dinikmati pelanggan Rumah Tangga dengan daya 450 VA dan pelanggan Rumah Tangga 900 VA bersubsidi, Sosial dan Bisnis Kecil 450 VA. .
  • Kamis, 03 September 2020 - 12:08:21 WIB

    UMKM di Sumbar Terdampak Covid-19 Dapat KUR Bunga 0%

    UMKM di Sumbar Terdampak Covid-19 Dapat KUR Bunga 0% HARIANHALUAN.COM - Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan Program Subsidi Upah Peserta BPJD Ketenagakerjaan dengan Program Subsidi Upah yang ditujukan untuk karyawan yang bergaji dibawah Rp5 juta. Ada Kredit Usaha Rakyat .
  • Jumat, 28 Agustus 2020 - 16:13:10 WIB

    Jokowi Bagi-bagi Kredit Lunak Bunga 0%, Begini Cara Mendapatkannya...

    Jokowi Bagi-bagi Kredit Lunak Bunga 0%, Begini Cara Mendapatkannya... HARIANHALUAN.COM - Para pelaku usaha mikro kecil dipastikan akan kembali mendapatkan bala bantuan dari pemerintah. Setelah hibah senilai Rp 2,4 juta dalam bentuk bantuan presiden, nantinya para pelaku usaha akan mendapatkan k.
  • Ahad, 23 Agustus 2020 - 20:47:30 WIB

    Uang Khusus Rp 75 Ribu Belum Habis, Begini Cara Mendapatkannya

    Uang Khusus Rp 75 Ribu Belum Habis, Begini Cara Mendapatkannya HARIANHALUAN.COM - Uang khusus peringatan kemerdekaan Rp 75 ribu dikabarkan belum habis. Bagi yang ingin mendapatkan uang tersebut, begini caranya. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]