Syafrizal: Nagari yang Tidak Bayarkan BLT, Dana Desanya Ditahan


Ahad, 23 Agustus 2020 - 18:04:43 WIB
Syafrizal: Nagari yang Tidak Bayarkan BLT, Dana Desanya Ditahan Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM – Kepala Dinas Pemberdayaan Desa (DPMD) Sumbar, Syafrizal menegaskan kembali kepada pemerintah nagari untuk wajib membayarkan BLT Dana Desa, baik Fase 1 (April, Mei dan Juni) maupun Fase 2 (Juli, Agustus dan September). Pembayaran BLT ini acuannya adalah Permendes No. 7/2020 dan PMK No. 50/2020.

“Pembayaran BLT Dana Desa bersifat wajib. Bila ada nagari yang enggan membayarkan BLT maka berakibat tidak dibayarkan Dana Desa pada tahapan berikutnya,” kata Syafrizal Ucok, kemarin.

Untuk membayarkan BLT Dana Desa, kata Syafrizal, nagari dapat menghentikan kelanjutan kegiatan fisik. Sebagai gantinya, gunakan Dana Desa untuk penguatan Bumnag dan kegiatan penanganan Covid-19 seperti pembelian disinfektan, hand sanitizer dan masker.

Sementara itu, Sekretaris Komisi 1 DPRD Sumbar HM. Nurnas mendorong Nagari Tanjuang Haro Sikabu Kabu Padang Panjang, Kabupaten Limapuluh Kota untuk tetap menjaga prestasi keterbukaan informasi, terutama dalam pengelolaan BLT Dana Desa, Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dan kegiatan pemerintahan.

“Menjaga predikat juara Keterbukaan Informasi itu lebih sulit daripada meraihnya. Sebab keterbukaan dapat menghindarkan kita dari pelanggaran,” kata Nurnas. (*/Hms-Sumbar)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 08 September 2020 - 18:06:38 WIB

    Syafrizal: Kita Rindu Pemerintahan dan Adat Bersatu di Nagari

    Syafrizal: Kita Rindu Pemerintahan dan Adat Bersatu di Nagari HARIANHALUAN.COM - Pemerintahan Nagari di Sumbar seperti masa lalu sebelum berlakunya Undang-undang Nomor 5 Tahun 1979 Tentang Pokok-Pokok Pemerintahan Desa/Kelurahan, sangat dirindukan oleh masyarakat. Pada saat itu, pemerin.
  • Kamis, 27 Agustus 2020 - 18:10:42 WIB

    Syafrizal: Nagari di Sumbar Memiliki Potensi yang Bisa Digarap

    Syafrizal: Nagari di Sumbar Memiliki Potensi yang Bisa Digarap HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumbar, Syafrizal mengatakan, wisata Embung Sungai Abu merupakan salah satu nagari yang mampu berinovasi dan jeli memanfaatkan potensi nagari seperti Nag.
  • Senin, 17 Agustus 2020 - 06:53:52 WIB

    Syafrizal: Nagari Taram, Salah Satu yang Dijadikan Nagari Adat Persiapan

    Syafrizal: Nagari Taram, Salah Satu yang Dijadikan Nagari Adat Persiapan HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sumbar, Syafrizal mengatakan Nagari Taram adalah salah satu nagari di Sumatera Barat yang akan dijadikan Nagari Adat Persiapan bersama tiga nagari lainnya..
  • Selasa, 21 Juli 2020 - 10:48:06 WIB

    Syafrizal: Pembangunan Muara Kesejahteraan Masyarakat di Nagari

    Syafrizal: Pembangunan Muara Kesejahteraan Masyarakat di Nagari HARIANHALUAN.COM - Tentara Manunggal Membangun Nagari (TMMN) dapat mempercepat pembangunan daerah, yang berujung pada kesejahteraan. Bentuk kongkritnya adalah berupa pembangunan infrastruktur yang membuka akses daerah dan pem.
  • Jumat, 26 Juni 2020 - 05:59:31 WIB

    Syafrizal: KKN Tematik Dorong Gagasan Kreatif di Nagari

    Syafrizal: KKN Tematik Dorong Gagasan Kreatif di Nagari HARIANHALUAN.COM - Dalam rangka penguatan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik 2020 “Bakti untuk Nagari” di Sumbar. Unand yang setiap tahun mengadakan KKN, menyiapkan diri dengan menggelar Focus Group Discussion (FGD).

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]