Ini Penyebab Penyumbatan Pembuluh Darah Seperti yang Diidap Ustaz Yusuf Mansur


Ahad, 23 Agustus 2020 - 18:27:20 WIB
Ini Penyebab Penyumbatan Pembuluh Darah Seperti yang Diidap Ustaz Yusuf Mansur Ustaz Yusuf Mansu

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Akibat penyumbatan pembuluh darah, Ustaz Yusuf Mansur harus di rumah sakit, dan kini saat ini kondisinya sedang ditangani dokter agar ia segera pulih.

Penyumbatan pembuluh darah terjadi karena aliran oksigen tidak terdistribusi dengan baik. Penyumbatan ini bisa terjadi pada pembuluh darah arteri maupun vena. Pada beberapa kondisi, kedua penyumbatan pembuluh darah menyebabkan dampak lain.

"Sumbatan pada pembuluh darah vena atau akibat ada tumor atau pembengkakan jaringan yg menghimpit vena bisa menimbulkan bengkak pada area sekitar leher. Penyumbatan pada arteri karotis (leher) atau arteri di otak bisa bikin stroke, kalau di arteri koroner pada jantung bisa bikin serangan jantung," ucap praktisi kesehatan jantung dan pembuluh darah dari RS Siloam Lippo Village, dr Vito A Damay, SpJP, saat dihubungi detikcom, Minggu (23/08/2020).

Baca juga: Sama-sama di Pembuluh Darah, Ini Bedanya Penyumbatan Vena dan Arteri
Penyumbatan pembuluh darah arteri maupun vena dapat terjadi secara alami dan bisa terjadi pada siapa pun tergantung dari aliran darah dan tekanan darah. Namun, dr Vito mengatakan ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko terkena penyumbatan pembuluh darah, seperti:

- Kolesterol tinggi
- Tekanan darah tinggi
- Gula darah tidak terkontrol
- Merokok
- Obesitas (kegemukan)

"Kedua penyakit ini memang memiliki faktor penyebab yang sama, walaupun ada juga penyebab lain yang berbeda. Salah satu atau lebih dari penyebab tersebut dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke," jelasnya. (*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]