Studi: Orang yang Memakai Masker Wajahnya Terlihat Lebih Menarik


Ahad, 23 Agustus 2020 - 19:14:19 WIB
Studi: Orang yang Memakai Masker Wajahnya Terlihat Lebih Menarik Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Sejak diterapkan new normal oleh Pemerintah, banyak masyarakat yang enggan memakai masker. Padahal virus Corona atau Covid-19 masih memakan korban. Tapi tahu kamu, dengan memakai masker seseorang akan terlihat lebih menarik lho, kenapa?.

Satu studi kecil yang dilakukan universitas di Pennsylvania, AS, baru-baru ini mengungkap orang yang memakai masker wajah dianggap lebih menarik.

Studi yang diberi nama "Beauty and the Mask" itu diadakan oleh Temple University's College of Public Health dan Center for Human Appearance di University of Pennsylvania's Perelman School of Medicine.

Dengan bantuan 500 peserta, 60 wajah diurutkan berdasarkan daya tarik.

Studi ini menggunakan "kumpulan wajah pria dan wanita yang memiliki perbedaan ras," dengan mengambil sumber dari Chicago Face Database.

Para peserta diminta untuk memberi peringkat wajah seseorang tanpa masker dan memasukkannya ke dalam kategori "tidak menarik", "rata-rata", atau "menarik".

Saat masker bedah ditambahkan ke wajah secara digital, peneliti melihat para peserta menaikkan peringkat daya tarik mereka "dalam jumlah signifikan secara statistik untuk wanita dan pria."

Wajah-wajah yang sebelumnya dikategorikan sebagai "tidak menarik" dilaporkan mengalami peningkatan paling besar, di angka 42 persen.

"Banyak orang percaya penampilan mata adalah salah satu pengaruh terkuat dalam penilaian daya tarik."

Demikian kata David B. Sarwer, dekan untuk penelitian dan direktur Center for Obesity Research and Education di Temple's College of Public Health.

"Studi ini menunjukkan aspek wajah bagian bawah, yang ditutupi oleh masker, juga berperan penting dalam persepsi daya tarik."

Studi tersebut juga menegaskan kembali bahwa wajah yang simetris dan seimbang adalah faktor kunci yang berperan dalam daya tarik.

Wajah yang memiliki fitur wajah "tidak harmonis" seperti hidung, rahang, leher, atau bibir memiliki peringkat daya tarik rendah.

Tetapi ketika hidung, rahang, leher, dan bibir ditutupi oleh masker, wajah seseorang menjadi lebih menarik. (*)

loading...
 Sumber : Kompas.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 21 April 2020 - 22:25:53 WIB

    Studi: Aroma Kopi Bisa Bangkitkan Gairah Wanita

    Studi: Aroma Kopi Bisa Bangkitkan Gairah Wanita JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Penelitian terbaru menemukan bahwa aroma kopi dianggap menjadi salah satu aroma yang membangkitkan gairah bagi wanita lajang..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]