Pesawat Kargo di Sudan Selatan Jatuh, Tujuh Orang Tewas


Senin, 24 Agustus 2020 - 09:43:48 WIB
Pesawat Kargo di Sudan Selatan Jatuh, Tujuh Orang Tewas Pesawat Kargo di Sudan Selatan Jatuh

HARIANHALUAN.COM - Pesawat kargo yang membawa makanan, sepeda motor dan uang tunai jatuh tak lama setelah lepas landas dari bandara di Ibu Kota Juba, Sudan Selatan. Empat penumpang dan tiga awak di dalam pesawat nahas itu telah dipastikan tewas.

Pesawat Antonov An-26 sedang melakukan perjalanan ke Kota Aweil di barat laut negara itu. Video dan foto yang beredar di media sosial menunjukkan asap mengepul dari potongan-potongan badan pesawat yang berserakan di lokasi kecelakaan.

"Ada delapan orang di dalamnya, tiga penumpang dan lima awak. Satu orang dari antara penumpang selamat dan dia dalam keadaan sehat," kata Menteri Perhubungan Madut Biar Yol kepada AFP sebagaimana dilansir RT. "Empat penumpang lainnya dan tiga awaknya tewas."

Direktur Bandara Juba Kur Kuol Aijeu mengatakan kepada Xinhua bahwa pesawat itu membawa sepeda motor dan makanan, serta uang untuk membayar gaji pekerja LSM. Situs web Aviation Herald juga melaporkan bahwa pesawat itu memuat uang tunai yang dimaksudkan untuk "gaji." Seorang saksi mata mengatakan kepada media bahwa orang-orang di darat bergegas mengumpulkan uang yang berserakan di puing-puing pesawat.

Pada 2017, sebuah pesawat penumpang An-26 yang datang dari Juba terbakar setelah mendarat di Kota Wau dan, meskipun pesawat tersebut hancur total, semua 45 orang di dalamnya diselamatkan. Insiden yang lebih tragis terjadi pada 2015, ketika sebuah pesawat kargo An-12 jatuh tak lama setelah lepas landas dari Juba, menewaskan 37 orang. (*)

 Sumber : okezone.com /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]