Pandemi Covid-19 Meningkat di Sumbar, Alex Indra: Pemprov Harus Lebih Serius


Senin, 24 Agustus 2020 - 10:16:55 WIB
Pandemi Covid-19 Meningkat di Sumbar,  Alex Indra: Pemprov Harus Lebih Serius Ketua PDI Perjuangan Sumatera Barat Alex Indra Lukman

HARIANHALUAN.COM-Pemerintah provinsi Sumatera Barat diminta lebih  serius mengawasi penerapan protokol kesehatan guna menekan penyebaran Covid-19 yang terus meningkat.

Ketua PDI Perjuangan Sumatera Barat Alex Indra Lukman menegaskan bahwa keseriusan dan konsistensi itu jadi tolak ukur masyarakat dalam menilai upaya pencegahan penularan virus corona oleh Pemerintah.

Menurut dia, hal ini tidak lepas dari terus naiknya grafik angka penularan virus yang telah melumpuhkan berbagai sendi kehidupan itu.

Bagi warga yang terkonfirmasi positif, dia berharap mengabarkan kondisinya secara terbuka kepada masyarakat sekitar lingkungannya.

"Untuk para tokoh masyarakat, seharusnya jadi teladan sebagaimana dilakukan Bupati Padangpariaman Ali Mukhni. Dia mengumumkan secara terbuka kondisinya yang terpapar COVID-19 begitu hasil test usap dinyatakan positif," katanya seperti dikutip dari Antara, Senin (24/8/2020).

Ia mengatakan bahwa tokoh masyarakat sangat penting bersikap terbuka karena dia berinteraksi dengan banyak orang setiap harinya.

Pada saat ini salah satu cara efektif dalam penghentian penularan adalah melakukan tracing atau penelusuran setiap orang yang melakukan kontak erat dengan penderita.

"Inilah pentingnya bersikap terbuka," katanya

Alex mengapresiasi keterbukaan Ali Mukhni sehingga yang pernah kontak erat dapat segera melakukan tes usap.

"Tak perlu takut ikuti tes usap. Ini semua untuk kebaikan bersama, terutama diri kita dan keluarga,” katanya.

Ia menekankan poin penting protokol kesehatan yang mesti diawasi pemerintah secara konsisten dan serius dengan mengingatkan warga untuk menggunakan masker, terutama di ruang publik, dan menjaga jarak di tempat keramaian.

Protokol kesehatan yang fokus kepada warga, yaitu kebersihan tangan jadi yang utama, tidak menyentuh wajah sembarang, dan menutupi hidung saat bersin dengan lengan bagian dalam.

"Jika terpapar, bisa isolasi secara mandiri. Yang paling penting adalah menjaga kesehatan dan minum multivitamin yang bermanfaat untuk imunitas tubuh," katanya. (*)

loading...
 Sumber : Antara /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]