Nol Covid-19! 10 Negara Ini Belum Ada Kasus Positif Corona Lho


Senin, 24 Agustus 2020 - 19:20:47 WIB
Nol Covid-19! 10 Negara Ini Belum Ada Kasus Positif Corona Lho Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Pandemi Covid-19 telah menginfeksi hampir setiap negara di dunia. Setiap hari, kasus konfirmasi positif hingga meninggal terus bertambah dan menghancurkan perekonomian negara-negara itu.

Meski begitu, BBC mencatat ada 10 negara yang aman dan tidak memiliki kasus Covid-19 sama sekali. Jadi apa yang mereka lakukan kala banyak negara dilanda Covid-19?

Berikut negara-negara tanpa kasus Covid-19 yang tercatat menurut laporan BBC

Palau
Salah satu negara itu adalah Palau. Negara kecil yang dikelilingi oleh Samudra Pasifik ini dikenal sebagai salah satu tujuan wisata.

Pada 2019, 90.000 turis datang ke Palau, lima kali lipat dari total populasi. Pada 2017, data IMF menunjukkan, pariwisata menyumbang 40% dari PDB negara. Tapi hal itu terjadi sebelum Covid-19.

Perbatasan Palau, pada dasarnya, ditutup sejak akhir Maret. Ini adalah salah satu dari 10 negara di dunia tanpa kasus yang dikonfirmasi (tidak termasuk Korea Utara dan Turkmenistan).

Namun, tanpa menginfeksi satu orang pun, Covid-19 telah merusak perekonomian negara. Hotel terkemuka di sana, The Palau Hotel, telah ditutup sejak Maret lalu. Imbasnya, restoran-restoran kosong, toko-toko suvenir tutup, dan satu-satunya tamu hotel melakukan karantina

Mikronesia
Negara Federasi Mikronesia belum melaporkan satu pun kasus Covid-19. Sebelumnya, negara kepulauan itu telah melakukan langkah-langkah preventif dengan mendeklarasikan keadaan darurat pada akhir Januari 2020.

Kemudian, pada 14 Maret memberlakukan kontrol perbatasan yang ketat, yakni melarang pelancong dari negara-negara dengan kasus Covid-19, Mikronesia juga melarang warga negara untuk bepergian ke luar negeri ke negara-negara yang ada kasus Covid-19.

Pulau Marshall
Sekitar 2.500 mil (4.000 km) timur, melintasi Samudra Pasifik yang luas, Kepulauan Marshall juga tetap bebas dari Covid-19. Seperti Palau, tidak ada infeksi bukan berarti tidak berdampak.

Dampak itu bisa dilihat pada Hotel Robert Reimers yang terletak di atol utama, Majuro, dengan laguna di satu sisi, dan laut di sisi lain. Sebelum Covid-19, hotel itu memiliki tingkat hunian 75% -88%, dengan sebagian besar tamu dari Asia, Pasifik, atau Amerika Serikat. Sejak perbatasan ditutup pada awal Maret, tingkat hunian anjlok menjadi 3% -5%.

Nauru
Negara kepulauan di Samudra Pasifik itu belum mencatatkan kasus konfirmasi positif Covid-19. Akan tetapi, pemerintah telah menyatakan kekhawatiran tentang meningkatnya jumlah kasus di sekitar wilayah Oceania, seperti di Australia dan Selandia Baru.

Kiribati
Pemerintah setempat mewajibkan orang-orang yang ingin datang ke Kiribati untuk mengisolasi masyarakat setidaknya 14 hari. Setelah itu mereka memberikan izin masuk bagi warga yang bebas virus. Negara di Kepulauan Pasifik itu mencatat nol kasus Covid-19 di antara populasinya yang mencapai lebih dari 110.000.

Pulau Solomon
Solomon, yang terdiri dari serangkaian pulau, mengumumkan pembatasan masuk di awal wabah Covid-19. Sekarang, Solomon sedang mencari cara bagaimana bisa mendapatkan turis kembali tanpa membawa virus ke negara itu.

Tuvalu
Negara bagian kepulauan Polinesia ini hingga saat ini tidak melaporkan adanya kasus virus corona.

Samoa
Samoa menyatakan keadaan darurat dan menutup perbatasannya pada bulan Maret, termasuk melarang masuknya kapal. Orang yang diizinkan masuk harus mengikuti serangkaian peraturan, pemeriksaan kesehatan, dan aturan karantina.

Vanuatu
Negara kepulauan di Pasifik Selatan ini dilaporkan belum mencatat satu pun kasus Covid-19 yang terjadi. Mereka menyatakan keadaan darurat pada Maret yang akan berlangsung hingga akhir 2020.

Untuk menghentikan virus masuk ke Vanuatu, pemerintah mengisolasi setiap orang yang telah terinfeksi Covid-19. Ini untuk mencegah mereka menyebarkan di negara tersebut.

Tonga
Sejak Maret atau Covid-19 muncul, Tonga telah mengkarantina orang, menerapkan jam malam, melarang kelompok besar dan melakukan penelusuran kontak. Pemerintah juga menyiapkan social distancing jika virus telah memasuki negara itu.(*)

 Sumber : CNBC /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]