Siap-siap, Fabiola Bakal Awasi Kinerja PNS


Senin, 24 Agustus 2020 - 19:56:35 WIB
Siap-siap, Fabiola Bakal Awasi Kinerja PNS Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengembangkan sebanyak 41 aplikasi digital dukungan manajemen, untuk produktif di mana saja termasuk dari rumah. Salah satu yang dikembangkan BPPT untuk presensi online yakni Fabiola yang bisa diunduh di Playstore ketika bekerja dari rumah.

Berdasarkan keterangan Fabiola di Playstore, aplikasi ini dirilis pada 25 November 2019 dan diperbarui pada 19 Juli 2020, serta sudah diunduh oleh lebih dari 1.000 pengguna.

"Fabiola BPPT memiliki fitur pelaporan kehadiran dengan pengenalan wajah secara biometrik beserta deteksi senyum, monitoring kehadiran karywan melalui aplikasi mobile. Penarikan pelaporan kehadiran karyawan dengan mudah," tulis keterangan aplikasi di Playstore.

Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan ke depannya BKN juga akan menggunakan aplikasi digital untuk mencatat presensi dan kinerja pegawai negeri sipil dengan Fabiola, atau Face Biometric Location Authentication.

"Ada aplikasi presensi,biometrik, face biometric online, on location autentification, tanda tangan digital, knowledge management system, pengajuan pemberkasan fungsional. Ini menandai transformasi yang masif," katanya pada Perayaan HUT BPPT ke-42, Senin (24/08/2020).

Penggunaan Fabiola untuk memantau kinerja pegawai yang melakukan WFH dilakukan pada Maret. Dikutip dari CNN Indonesia, pada hari kedua pelaksanaan WFH di BPPT, sekitar 2.000 pegawai BPPT melakukan absensi digital melalui ponsel pribadi. Aplikasi Fabiola yang dapat mencatat kedatangan dan kepulangan pegawai dari berbagai lokasi diyakini memiliki tingkat akurasi 100% pada biometric seseorang.

Saat itu Hammam mengatakan pegawai tidak hanya diwajibkan melakukan presensi digital, namun juga melaporkan kinerja lengkap dengan bukti foto pekerjaan. Penerapan ini sekaligus membangun manajemen pengetahuan kegiatan pengkajian dan penerapan teknologi.

"Jadi dengan absensi seperti itu, saat jam masuk kerja, ASN pertama melakukan check in, dan aplikasi memindai langsung lokasi karyawan, sembari memvalidasi kehadiran, via foto selfie yang bersangkutan. Selanjutnya pada saat absen pulang atau check out, ASN diminta juga melampirkan foto pekerjaan yang sudah diselesaikannya," kata Hammam, Selasa (17/3/2020).

Dia menambahkan, sebagai lembaga kaji terap (jirap) teknologi, aktivitas diharuskan tetap berjalan. Pihaknya pun telah melakukan antisipasi dengan membagi tugas. Terlebih, kantor BPPT tak hanya di Jakarta dan Tangerang (Puspiptek), tapi juga memiliki laboratorium dan sejumlah fasilitas lain di Yogyakarta, Surabaya. Bali, dan Lampung.(*)

loading...
 Sumber : CNBC /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 02 September 2020 - 06:37:30 WIB

    Siap-siap, Oppo Reno4 Pro Bakal Diluncurkan 7 September

    Siap-siap, Oppo Reno4 Pro Bakal Diluncurkan 7 September HARIANHALUAN.COM - Usai sebulan sudah Oppo merilis Reno4, kini vendor asal Tiongkok ini akan segera meluncurkan saudaranya, yakni Reno4 Pro di Indonesia. Tanggal peluncuran Reno4 Pro di Indonesia pun juga telah disebar Oppo .
  • Sabtu, 22 Agustus 2020 - 19:28:17 WIB

    Siap-siap, HP Gaming Tangguh Asal China Ini Segera Mendarat di Indonesia

    Siap-siap, HP Gaming Tangguh Asal China Ini Segera Mendarat di Indonesia HARIANHALUAN.COM - Infinix, salah satu vendor HP smartphone asal China resmi membawa perangkat terbarunya bernama Zero 8 ke pasar Indonesia pada akhir bulan ini, tepatnya 27 Agustus 2020. HP ini diklaim tangguh untuk main gam.
  • Sabtu, 22 Agustus 2020 - 12:24:09 WIB

    Siap-siap, Game PGA Tour 2K21 Hadir Menyapa Penggemar di Asia

    Siap-siap, Game PGA Tour 2K21 Hadir Menyapa Penggemar di Asia HARIANHALUAN.COM – Baik bagi pemain golf profesional berpengalaman maupun pemula, tee time akhirnya tiba PGA TOUR® 2K21 kini tersedia di Asia untuk sistem PlayStation®4, rangkaian perangkat Xbox One, termasuk Xbox On.
  • Rabu, 05 Agustus 2020 - 06:47:57 WIB

    Siap-Siap, Huawei Watch GT2 Pro Segera Hadir di Indonesia

    Siap-Siap, Huawei Watch GT2 Pro Segera Hadir di Indonesia HARIANHALUAN.COM - Keren nih, Huawei Watch GT2 Pro segera hadir di Indonesia, saat ini dalam tahapan pengerjaan. Rencananya bakal rilis lada bulan Oktober 2020 nanti, sejalan dengan ponsel Mate 40. Jam tangan pintar made in H.
  • Sabtu, 01 Agustus 2020 - 06:59:32 WIB

    Siap-siap, Pekerjaan Manusia akan Digantikan AI Lima Tahun Lagi

    Siap-siap, Pekerjaan Manusia akan Digantikan AI Lima Tahun Lagi HARIANHALUAN.COM - Elon Musk merilis laporan terbarunya mengenai otomasi dan masa depan pekerjaan yang dilakukan manusia. Laporan tersebut menyajikan hasil kajian tentang pekerjaan yang bakal berubah di masa depan. Elon Musk.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]