Demi PBM Tatap Muka, 950 Tenaga Pendidik di Dharmasraya Sudah Uji Swab


Senin, 24 Agustus 2020 - 20:25:04 WIB
Demi PBM Tatap Muka, 950 Tenaga Pendidik di Dharmasraya Sudah Uji Swab Pelaksanaan kegiatan pengambilan sampel cairan hidung dan tenggorokan bagi para tenaga pendidik di Puskesmas Pulau Punjung, Senin (24/08).

HARIANHALUAN.COM - Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, telah melaksanakan pengambilan sampel cairan hidung dan tenggorokan terhadap 950 orang tenaga pendidik di daerah itu, hingga Senin (24/08), untuk dilakukan uji swab oleh pihak laboratorium. 

"Pengambilan sampel tersebut dilaksanakan bertahap di seluruh Puskesmas yang ada dan direncanakan akan berlangsung hingga akhir bulan Agustus 2020," kata Juru Bicara Satuan Gugus Tugas tersebut, dr Rahmadian, di Dharmasraya. 

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan rangkaian persiapan guna menghadapi dimulainya proses pembelajaran tatap muka di seluruh sekolah yang ada di daerah itu. 

Sehingga, lanjutnya, seluruh orang tua dan peserta didik tidak lagi merasa was-was dan kegiatan proses belajar mengajar yang sudah terhenti lebih dari tiga bulan itu, bisa kembali terlaksana dengan tetap menerapkan standar adaptasi kebiasaan baru bebas Covid-19. 

"Meskipun sekolah dibuka kembali nantinya, namun seluruh murid dan guru diwajibkan menggunakan masker dan pihak sekolah diwajibkan untuk menyediakan fasilitas cuci tangan pakai sabun," jelasnya. 

Kemudian, tambahnya, bagi para orang tua juga diminta mengajarkan kebiasaan mencuci tangan dan menerapkan pola hidup bersih disamping memastikan anak-anak mereka selalu memakai masker mulai dari berangkat, selama di sekolah hingga kembali ke rumah. 

Terkait sampel uji terhadap tenaga pendidik yang sudah mengikuti tes tersebut, ia mengungkapkan berdasarkan konfirmasi pihak laboratorium, sebagian hasil tes laboratorium para tenaga pendidik itu sudah ada yang diterbitkan dan hingga saat ini hasilnya negatif terpapar virus Covid-19. 

"Yang terpenting adalah bagaimana seluruh pihak dan masyarakat secara umum mampu menjaga rasa disiplin dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan dalam tatanan kenormalan baru sebagaimana telah dianjurkan oleh pemerintah," tutupnya.(*) 

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]