Soal Ganjil-genap, IDI: Kaji Lagi, karena Sebagian Orang Merasa Aman Naik Motor


Selasa, 25 Agustus 2020 - 07:06:37 WIB
Soal Ganjil-genap, IDI: Kaji Lagi, karena Sebagian Orang Merasa Aman Naik Motor Kebijakan ganjil-genap akan diterapkan juga pada sepeda motor

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum dr Daeng M Faqih, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) menilai perlu adanya kajian lebih lanjut terkait mengenai ganjil genap untuk sepeda motor. Terlebih dalam menghadapi penanganan virus Corona COVID-19.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Pergub Nomor 80 Tahun 2020 tentang pelaksanaan PSBB transisi menuju new normal. Di dalamnya diatur mengenai ganjil genap untuk sepeda motor walaupun belum dipastikan kapan berlaku.

"Barangkali mohon dikaji lebih lanjut karena saya sering tanya iya termasuk ke kawan-kawan karyawan IDI, karyawan rumah sakit, itu sekarang daripada naik angkutan umum, kereta, itu yang berdesak-desakan, mereka jauh lebih khawatir tertular," jelas dr Daeng saat ditemui di Kantor Pusat PB IDI, Jakarta Pusat, Senin (24/8/2020).

Menurut dr Daeng banyak masyarakat yang merasa aman dengan menggunakan transportasi pribadi di tengah pandemi Corona. Termasuk menggunakan motor

"Sehingga yang mereka merasa lebih aman itu justru dengan motor karena mereka sendiri," lanjutnya.

"Kalau itu dikaitkan dengan COVID-19 itu penerapan ganjil genap motor itu dikaji serius, apakah itu benar menurunkan angka penularan COVID-19 atau tidak," kata dr Daeng.

Lebih lanjut, dr Daeng menjelaskan sebagian masyarakat memang menghindari kerumunan di transportasi umum.

"Jadi kalau menurut saya harus dilakukan kajian yang betul tentang itu," pungkasnya.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]