WHO Desak Tiap Negara Bergabung di Program Vaksin COVAX


Selasa, 25 Agustus 2020 - 07:13:05 WIB
WHO Desak Tiap Negara Bergabung di Program Vaksin COVAX Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. Ist

HARIANHALUAN.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendesak seluruh negara bergabung dengan rencana COVAX untuk memastikan akses yang adil ke vaksin virus corona baru. Karena, hingga kini sudah ada 172 negara yang terlibat dengan rencana COVAX tersebut.

"Awalnya, ketika akan ada pasokan terbatas (vaksin virus corona), penting untuk memberikan vaksin kepada mereka yang berisiko tertinggi di seluruh dunia," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Sehingga, mereka bisa bekerjasama secara terkoordinasi. "Yang penting adalah untuk memastikan bahwa sejumlah vaksin (virus corona) sampai ke semua negara sedini mungkin," ujar Bruce Aylward, Kepala Kedaruratan WHO.

Sebelumnya, Tedros berharap, pandemi virus corona akan lebih pendek dari flu Spanyol 1918 dan berlangsung kurang dari dua tahun, jika dunia bersatu dan berhasil menemukan vaksin.

WHO selalu berhati-hati dalam memberikan perkiraan tentang seberapa cepat pandemi virus corona bisa ditangani, sementara tidak ada vaksin yang terbukti. Tedros menyebutkan, flu Spanyol 1918 "membutuhkan waktu dua tahun untuk berhenti".

"Dalam situasi sekarang dengan lebih banyak teknologi, dan tentu saja dengan lebih banyak konektivitas, virus memiliki peluang lebih baik untuk menyebar, bisa bergerak cepat karena kita lebih terhubung sekarang," katanya.

"Tetapi, pada saat yang sama kita juga memiliki teknologi untuk menghentikannya dan pengetahuan untuk menghentikannya. Jadi, kita memiliki kelemahan dari globalisasi, kedekatan, keterhubungan tetapi memiliki keunggulan teknologi yang lebih baik," ujar dia.

"Jadi, kami berharap untuk menyelesaikan pandemi ini (dalam) kurang dari dua tahun," harap Tedros.

Untuk itu, dia mendesak "persatuan nasional" dan "solidaritas global". "Itu benar-benar kunci dengan memanfaatkan alat yang tersedia secara maksimal dan berharap kami dapat memiliki alat tambahan seperti vaksin," katanya. (*)

loading...
 Sumber : Kontan.co.id /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]