Komputer Sering Restart Sendiri? Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya


Selasa, 25 Agustus 2020 - 07:19:52 WIB
Komputer Sering Restart Sendiri? Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Salah satu penyakit orang awam dalam dunia komputer adalah panik. Yap. Bagaimana tidak, saat tiba-tiba komputer tiba-tiba mengalami restart sendiri apa yang bisa dilakukan, selain panik?.

Seperti dikutip dari Teknologi.id (Haluan Media Group), Selasa (25/8/2020), sebenarnya mudah saja jika kita sudah tahu. Penyebab computer melakukan restart sendiri ada beberapa macam. Dan diantaranya akan dibahas dalam artikel kali ini.

Nanti, akan diulas juga cara mengatasi komputer restart sendiri kok. Jadi jangan cemas. Tetap pantau saja artikel ini sampai selesai.

Sebagai awal, akan diulas penyebab komputer bisa restart sendiri, kemudian akan dilengkapi dengan solusinya. Semoga bermanfaat artikel ringan ini.

Setidaknya ada lima hal, kenapa komputer bisa restart sendiri. Dan yang pertama adalah:

1. Panas

Panas pada prossesor bisa mengakibatkan komputer anda melakukan restart sendiri. Jika memang begitu, Anda harus berhati-hati, karena jika tidak segera ditangani, bisa mengakibatkan komputer mati total. Hal ini terjadi, karena pemasangan prossesor kurang pas, atau kipas fan yang tidak bekerja maksimal.

Penanganan: bongkar dan cek posisi prossesor komputer anda. Bisa jadi posisi yang kurang pas atau kipas yang belum bekerja maksimal. Selain itu, silahkan cek dan setting panas pada prossesor dengan cara masuk ke bios. Jika memang anda tidak begitu ahli, sebaiknya anda bawa komputer anda ke tukang service yang ahli.

2. Rusak Pada VGA Card

Ini juga umum terjadi, VGA card yang rusak akan mengakibatkan komputer restart sendiri. Hati-hati, jangan dianggap remeh, karena kerusakan ini bisa menjadi permanen jika tidak segera ditangani. Salah satu ciriVGA Card mengalami rusak ditandai dengan hang kecil, atau restart sendiri. Jika memang anda menemukan tanda tersebut, segera lakukan penananganan pada komputer anda.

Penanganan:

Cek pada VGA Card komputer anda, jika memang rusak sebaiknya segera diganti. Kalau memang anda tidak paham soal seperti itu, sangat disarankan membawa komputer anda ke tukang service terdekat. Minimal coba dulu untuk membersihkan kipas dan yang lainnya, yang diharapkan, siapa tahu masih bisa.

3. RAM Rusak

Sebenarnya kalau RAM yang rusak, akan mati total dan tidak bisa nyala. Cukup ekstrem bukan? Namun anda bisa mengecek kondisi RAM anda dalam kedaan mati atau tidak. Coba cek dengan meminjam RAM teman anda.

Penanganan: B bersihkan RAM anda dengan penghapus pensil. Gosok bagian kuningnya biasanya disebut dengan pin, atau bersihkan bagian kuning atau disebut dengan pin dengan karet sandal.

4. Driver Tidak Cocok

Driver yang tidak cocok juga bisa mengakibatkan komputer anda melakukan restart sendiri. Intinya, antara hardware dan software butuh yang khusus dan pas.

Penanganan: cek driver dengan toosl yang ada, atau bawa ke tukang service jika anda tidak paham dengan kasus seperti ini. Karena butuh pengetahuan soal driver dan tidak sembarangan. Bisa jadi anda melakukan instalasi driver salah

5. Lonjakan Listrik Tidak Stabil

Ini kemungkinan terkecil dari semua kasus yang ada. Lonjakan listrik di rumah yang tidak stabil bisa mengakibatkan komputer juga tidak stabil.

Penanganan: Makanya, cek juga soal listrik ini. Ada baiknya listrik di rumah anda di kasih stabilizer, supaya listrik tidak berubah tiba-tiba.

Sekian artikel, kali ini mengenai Penyebab dan Cara Memperbaiki Komputer Sering Restart Sendiri, Jika anda ingin mengcopy paste artikel ini, silahkan. Karena demi menyebarkan informasi-informasi yang berguna untuk membantu sesama manusia. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 25 Agustus 2020 - 07:25:27 WIB

    Kapan Waktu Servis Komputer yang Tepat?

    Kapan Waktu Servis Komputer yang Tepat? HARIANHALUAN.COM - Komputer dan laptop sudah menjadi komponen sehari-hari dalam kehidupan kita. Namun, di balik keseharian itu, kita ingin kondisinya tetap terus prima. Oleh karena itu, banyak pelayanan yang menawarkan jasa .
  • Rabu, 24 Juni 2020 - 12:53:15 WIB

    Jepang Punya Superkomputer Paling Cepat Sedunia, 1000 Kali Lipat Komputer Normal

    Jepang Punya Superkomputer Paling Cepat Sedunia, 1000 Kali Lipat Komputer Normal HARIANHALUAN.COM - Superkomputer Fugaku dari Jepang diakui yang paling kuat dan cepat di dunia. Komputer yang dibuat Fujitsu ini membuat model untuk memerangi pandemi corona serta untuk kegunaan strategis lainnya..
  • Senin, 23 Maret 2020 - 13:39:16 WIB

    IBM Klaim Superkomputer Ukuran 2 Kali Lapangan Tenis Ampuh Lawan Corona, Apa Iya?

    IBM Klaim Superkomputer Ukuran 2 Kali Lapangan Tenis Ampuh Lawan Corona, Apa Iya? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Energi Amerika Serikat mengerahkan Superkomputer tercepat di dunia yang disebut Summit. Superkomputer ukuran dua kali lapangan tenis buatan International Business Machines (IBM) ini.
  • Senin, 09 Maret 2020 - 12:28:19 WIB

    Cara Manfaatkan Ponsel jadi Mouse Komputer

    Cara Manfaatkan Ponsel jadi Mouse Komputer JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Smartphone atau ponsel pintar tidak melulu untuk berkomunikasi. Ponsel seperti iPhone, Android, hingga Windows juga bisa digunakan sebagai touchpad untuk mengontrol kursor di layar komputer dengan .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]