Kapan Waktu Servis Komputer yang Tepat?


Selasa, 25 Agustus 2020 - 07:25:27 WIB
Kapan Waktu Servis Komputer yang Tepat? Ilustrasi Komputer dan Laptop.

HARIANHALUAN.COM - Komputer dan laptop sudah menjadi komponen sehari-hari dalam kehidupan kita. Namun, di balik keseharian itu, kita ingin kondisinya tetap terus prima. Oleh karena itu, banyak pelayanan yang menawarkan jasa servis komputer supaya tetap optimal.

Seperti dikutip dari Teknologi.id (Haluan Media Group), Selasa (25/8/2020), mereka yang tidak pernah merawatnya, justru akan mengalami masalah ke depannya. Seyahud apapun internet, jika komponen kamu panas dan hancur, tentunya komputer juga tidak akan berguna. Mengapa servis komputer harus diperlukan setidaknya enam bulan sekali?.

Servis Komputer Untuk Membersihkan Komponen

Debu adalah masalah utama kenapa komputer cepat panas dan proses akan melambat. Akibat akumulasi debu di dalam komputer, otomatis komponen akan cepat panas. Membersihkannya juga tidak mudah karena kita harus melepas setiap komponen yang terkena debu dan membersihkannya lalu memasangnya kembali. Oleh karena itu, kita harus melakukan servis komputer supaya komponen kita tetap berjalan mulus. Jika kita tidak melakukan servis secara rutin, kita justru bakal mendapat masalah ke depannya nanti.

Mengapa Servis Komputer Harus Rutin

Tyler "Ninja" Blevins, streamer terkenal yang kini menduduki nomor 1 untuk subscriber terbanyak pasti juga harus servis komputer rutin. Pasalnya, menggunakan komputer untuk live-streaming itu memberi beban berat pada komputer.

Sebagus apapun teknologi yang kamu pakai, selama tidak dirawat rutin justru akan membawa masalah. Untuk para streamer, minimal mereka harus servis enam bulan sekali. Beberapa komponen juga mulai panas ketika tidak merawatnya lebih dari enam bulan.

Bisa saja thermal pastenya habis, atau mungkin kita enggak bisa menyingkirkan debunya. Oleh karena itu, servis komputer harus rutin dan hal ini berlaku untuk semuanya. Instansi pemerintah maupun swasta juga harus melakukan perawatan rutin supaya mereka tidak menggelontorkan biaya untuk beli yang baru terus.

Umumnya memang para gamer harus melakukan servis lebih cepat daripada lainnya. Karena komponen mereka cepat panas, memang seharusnya mereka melakukannya lebih rutin dari yang lain.

Akibat Tidak Servis secara rutin

Tidak melakukan servis secara rutin bisa berakibat jangka panjang. Tidak hanya komponen komputer yang bakal gampang terbakar, mereka juga bakal lebih mudah mengalami kerusakan.

Penulis pernah merasakan tidak melakukan servis selama dua tahun, dan akhirnya harus mengganti VGA karena komponennya "hangus".

Penyebabnya itu sendiri adalah debu dan thermal paste yang sudah lama tidak diisi ulang lagi. Hal ini juga berakibat fatal untuk perusahaan yang tidak melakukan servis rutin.

Bisa saja datanya corrupted atau mungkin mereka harus kehilangan data kantor mereka. Oleh karena itu, lakukan servis secara rutin melalui jasa servis yang dipercaya. Jadi, jangan lupa servis secara rutin. Pastikan komputer kalian tetap bekerja secara optimal. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]