Disdik Pessel Lakukan Sosialisasi Pembelajaran Daring Menggunakan Google Classroom


Selasa, 25 Agustus 2020 - 10:33:36 WIB
Disdik Pessel Lakukan Sosialisasi Pembelajaran Daring Menggunakan Google Classroom Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan sosialisasikan pembelajaran daring menggunakan Aplikasi jaringan Google Clasroom.

HARIANHALUAN.COM - Mendukung pembelajaran dari rumah selama masa pandemi Covid-19, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pessel berupaya memberikan layanan terbaik dalam menerapkan pembelajaran berbasis daring dengan menggunakan aplikasi dalam jaringan yaitu google classrom.

Dikutip dari website resmi Pemkab Pessel pada Selasa (25/8) kegiatan Sosialisasi Pembelajaran Daring dengan menggunakan aplikasi dalam jaringan yaitu google classrom, dilaksanakan selama 3 hari dan dimulai hari ini Selasa 18-20 Agustus 2020 untuk SMP yang berada di Rayon I (Kecamatan Koto XI Tarusan, Bayang, Bayang Utara dan IV Jurai) bertempat di UPT SMPN 2 Bayang.

Kemudian untuk SMP yang berada di Rayon II (Kecamatan Batang Kapas, Sutera, Lengayang dan Ranah Pesisir) dilaksanakan hari Rabu, 19 Agustus 2020 bertempat di UPT SMPN 1 Ranah Pesisir serta untuk SMP yang berada di Rayon III (Kecamatan Linggo Sari Baganti, Air Pura, Pancung Soal, Basa Ampek Balai, Ranah Ampek Hulu, Lunang dan Silaut) dilaksanakan hari Senin, 24 Agustus 2020 bertempat di UPT SMPN 1 Basa Ampek Balai Tapan. 

Kegiatan sosialisasi dimulai jam 09.00 WIB dan dihadiri oleh pengawas sekolah binaan, kepala sekolah dan operator sekolah. Acara sosialisasi tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Elidarti.

Elidarti menyampaikan, bahwa Aplikasi Google Classroom ini merupakan metode pembelajaran yang bisa mendukung pembelajaran dari rumah selama masa pandemi Covid-19 dikarenakan guru dan siswa dapat setiap saat berinteraksi secara online di aplikasi Google Classroom. Di mana siswa dapat belajar, berdiskusi, mengunduh materi, dan mengirim tugas dari jarak jauh.

"Google classroom adalah platform pembelajaran campuran yang dikembangkan oleh google untuk sekolah yang bertujuan menyederhanakan pembuatan, pendistribusian dan penetapan tugas dengan cara tanpa kertas," ujar Elidarti.

Dia menambahkan, Pemanfaatan google classroom dapat melalui multiplatform yakni melalui komputer dan telepon genggam. Guru dan siswa dapat mengunjungi situs https://classroom.google.com atau mengunduh aplikasi melalui playstore di android dengan kata kunci google classroom. 

"Penggunaan Learning Management System (LMS) tersebut tanpa dipungut biaya, sehingga pemanfaatannya dapat dilakukan sesuai kebutuhan. Dengan google classroom guru dan siswa bisa menghemat waktu dan biaya dalam pengumpulan tugas," jelasnya.

Elidarti menyebutkan, Aplikasi Google Classroom tidak hanya di akses melalui web browser tapi dapat di unduh di Play Store dan di instal di Smartphone atau Tablet yang berbasis android atau Ios, agar orangtua siswa tidak harus repot-repot membuka laptop cukup dengan membuka aplikasi maka langsung berada di classroom online. (*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]