Geger, Keluarga Buka Peti Jenazah Covid-19


Selasa, 25 Agustus 2020 - 11:11:32 WIB
Geger, Keluarga Buka Peti Jenazah Covid-19 Ilustrasi peti jenazah

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Warga di Nagari Taeh Baruah, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota dibuat geger dengan dibukanya peti jenazah salah seorang anggota keluarga setempat yang meninggal dunia akibat Covid-19. Yang meninggal dunia tersebut yakni Yondri Satriadi pria 47 tahun.

Pria yang berprofesi sebagai tenaga kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh tersebut, meninggal dunia pada Senin (24/8) sekitar pukul 17.00 Wib. Kemudian, rekam jejak pria itu,  terkonfirmasi  positif Covid-19 pada Jumat (21/8) lalu dan sempat dirawat di RSAM Bukittinggi.

"Dia adalah warga disini, memang massa rami semalam dan pemakanan sempat ditolak," terang Safri Walinagari Taeh Baruah pada Senin (24/8) malam.

Saat pemakaman berlangsung, situasi disekitar rumah duka sempat tegang. Keluarga termasuk warga sekitar menolak Yondri dimakamkan sesuai protap Covid-19. Keluarga pun meminta kepada petugas medis yang berpakaian APD lengkap agar korban dimakamkan sesuai dengat syariat islam.

Dalam keadaan cuaca hujan deras, peti jenazah yang baru turun mobil ambulan langsung direbut pihak keluarga dan dibawa ke dalam rumah mendiang. Petugas medis yang tengah berupaya memberikan pemahaman atas meninggalnya Yondri akibat Covid-19, juga dihadang pihak keluarga dan meminta tenaga medis termasuk Wakil Bupati yang hadir untuk meninggalkan rumah duka.

Ketika didalam rumah, pihak keluarga pun membuka plastik pembalut jenazah. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Limapuluh Kota, Tien Septino mengatakan sebenarnya jenazah sudah diselenggarakan secara islam oleh tim medis RSAM. Setelah itu, barulah dimasukkan ke dalam peti jenazah dan dibawa ke Taeh untuk dimakamkan secara protap Covid-19. 

Dijelaskan Tien,  jenazah pasien sampai  Taeh sekitar pukul 21.30 WIB. "Diusir semuanya. Perangkat daerah yang berkunjung disuruh pergi oleh warga dan keluarga," ucapnya ketika dihubungi sejumlah awak media di Balai Wartawan Luak Limopuluah.

Setelah disemayamkan oleh pihak keluarga selama 2 jam lebih, sekitar pukul 22.30 WIB, almarhum dikebumikan oleh keluarganya tak jauh dari rumahnya. Sampai tengah malam, kediaman almarhum masih ramai warga yang berkumpul disana. 

loading...
Reporter : Dadang Esmana /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]