Jangan Salah Lagi, Begini Cara Melepas Masker yang Benar


Selasa, 25 Agustus 2020 - 11:58:12 WIB
Jangan Salah Lagi, Begini Cara Melepas Masker yang Benar Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Duke University School of Medicine memberikan cara menyimpan masker saat dibutuhkan dan memastikannya tetap steril. Kenapa ini penting, karena banyak yang melepas masker asal-asalan.

Masker sangat penting saat pandemi covid-19 saat ini. Tetapi ada momen yang pastinya mengharuskan kita menanggalkan masker misalnya saat makan atau minum.

Bagaimana cara melepas masker dan menyimpannya saat pergi ke kamar mandi, minum atau makan?

Saat mau minum, makan atau ke kamar mandi, kita biasanya melepas masker, tapi tidak boleh asal taruh. Ada dua pilihan cara yang benar. Kamu bisa meletakkan masker di atas paper towel atau handuk kertas bersih. Pastikan sisi luar masker (yang kotor) menghadap ke bawah dengan ikatan ditempatkan ke arah luar. Cara kedua, simpan masker di dalam kantong kertas atau paper bag bersih. Tujuan utamanya adalah memastikan sisi dalam masker tetap bersih.

Kesalahan umum saat melepas masker

Nah yang sering salah adalah kebiasaan berikut ini. Para ahli mengatakan, sebaiknya tidak menarik masker ke bawah dagu, bahkan untuk minum sekalipun. Jangan gantung masker di satu telinga. Ingatlah untuk selalu memastikan kebersihan tangan yang sebelum memakai dan melepas masker.

Sebelumnya, para peneliti dari universitas yang sama melakukan penelitian untuk menemukan masker terbaik yang bisa mencegah penularan COVID-19. Sudah tak diragukan bahwa jawabannya adalah masker N95, diikuti masker bedah dan campuran poli atau kapas.

Sementara itu, ditemukan mereka yang mengenakan masker bandana (yang sering digunakan untuk naik motor) ternyata tidak lebih baik dari mereka yang tidak memakai masker. Nah karena itu, selain memakai masker, kita juga harus paham tentang tata cara menyimpan masker agar tetap bersih dan juga memilih masker yang efektif agar tidak sia-sia.  (*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 15 September 2020 - 07:09:32 WIB

    Jangan Malas Makan Bawang Merah, Banyak Manfaat Tak Terduga Lho

    Jangan Malas Makan Bawang Merah, Banyak Manfaat Tak Terduga Lho HARIANHALUAN.COM - Bawang merah merupakan salah satu jenis bawang yang sering digunakan sebagai bumbu pada masakan. Tak hanya itu, bawang merang juga diolah ke dalam bentuk yang lain seperti bawang goreng, acar, atau pelengka.
  • Rabu, 09 September 2020 - 19:15:52 WIB

    PDPI: Covid-19 Itu Nyata, Masyarakat Jangan Anggap Remeh

    PDPI: Covid-19 Itu Nyata, Masyarakat Jangan Anggap Remeh HARIANHALUAN.COM - Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) ikut menyoroti perkembangan kasus virus Corona atau Covid-19 yang semakin meningkat. PDPI menilai, masyarakat tak boleh menganggap remeh kasus Covid-19..
  • Ahad, 30 Agustus 2020 - 06:23:11 WIB

    Jangan Menunggu Haus, Ini Saat yang Tepat untuk Minum

    Jangan Menunggu Haus, Ini Saat yang Tepat untuk Minum HARIANHALUAN.COM - Ada waktu-waktu tertentu yang disarankan untuk meminum air. Dokter Ahmad Aulia Ghufron mengingatkan agar tak menunggu kondisi haus untuk sekadar minum air..
  • Ahad, 23 Agustus 2020 - 20:08:30 WIB

    Jangan Salah Pilih, Skincare Ini Cocok untuk Remaja

    Jangan Salah Pilih, Skincare Ini Cocok untuk Remaja HARIANHALUAN.COM - Para remaja biasanya berhati-hati dalam memilih skincare karena takut bahan-bahan kimia dan bisa merusak kulit yang memasuki masa peralihan. Padahal masih banyak skincare yang kandungannya aman untuk ibu da.
  • Ahad, 16 Agustus 2020 - 08:16:33 WIB

    Ingat, Jangan Mandi dengan Air Panas Usai Kegiatan Olahraga

    Ingat, Jangan Mandi dengan Air Panas Usai Kegiatan Olahraga HARIAHALUAN.COM - Tak bisa dipungkiri, di tengah pandemi Covid-19 ini aktivitas olahraga kian digemari. Pasalnya, olahraga dipercaya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]