Keluarga Bongkar Peti Jenazah Covid-19, Dinkes Limapuluh Kota Tracking Besar-besaran


Selasa, 25 Agustus 2020 - 12:56:05 WIB
Keluarga Bongkar Peti Jenazah Covid-19, Dinkes Limapuluh Kota Tracking Besar-besaran Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Akibat pemakaman salah seorang warga Taeh, Kabupaten Limapuluh Kota yang meninggal dunia akibat terpapar Covid-19 dan sempat menghebohkan publik akibat peti jenazah yang dibongkar pihak keluarga, kini kawasan sekitar kediaman almarhum jadi perhatian serius.

Dinas Kesehatan Limapuluh Kota, terutama tim Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 daerah tersebut, tidak tinggal diam atas tragedi yang terjadi pada Senin (24/8) tengah malam itu.

Pembongkaran paksa peti jenazah hingga membuka plastik pembalut jasad yang terpapar Covid itu, bisa jadi klaster baru penyebaran Covid-19 di Kabupaten Limapuluh Kota. Apalagi, tidak dimakamkan sesuai protap Covid-19.

Karena itu, tim Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 langsung bergerak untuk melakukan tracking serta penelusuran terhadap siapa-siapa saja yang terkoneksi langsung saat pembukaan jenazah terpapar corona tersebut. "Kita bersama tim melakukan tracking besar-besaran secara meluas di kediaman almarhum," terang Tien Septino, Kepala Dinas Kesehatan Limapuluh Kota.

Kata Tien, timnya akan melacak, siapa-siapa saja yang hadir saat pemakaman pria yang berprofesi sebagai Tenaga Kebersihan Kota Payakumbuh itu. "Kita minta pemahaman pihak keluarga soal ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 tidak meluas," ucapnya.

Kemudian, terang Tien, seluruh yang yang hadir saat pemakaman itu, dilakukan swab dan diminta untuk isolasi mandiri di rumah masinf-masing hingga hasil labor keluar. (*)

loading...
Reporter : Dadang Esmana /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]