Vaksin Corona Produksi China Diprioritaskan untuk 5 Negara Ini, Bukan Indonesia


Selasa, 25 Agustus 2020 - 15:36:37 WIB
Vaksin Corona Produksi China Diprioritaskan untuk 5 Negara Ini, Bukan Indonesia Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Perdana Menteri China, Li Keqiang, akan menjanjikan akses prioritas untuk vaksin virus corona COVID-19 yang dikembangkan oleh China kepada lima negara Asia Tenggara yang tergabung dalam Kelompok Kerja Lancang-Mekong (LMC).

Selain itu, China juga berjanji untuk berbagi informasi perihal pengendalian air untuk negara-negara yang terkena banjir di sepanjang Sungai Mekong.

Hal ini disampaikan Li dalam konferensi video pertemuan para pemimpin dari LMC. LMC merupakan bentuk kerja sama antara China, Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, dan Vietnam.

Menurut laporan dari China Radio International yang dikelola oleh pemerintah, Li mengatakan mitra LMC akan diberikan akses prioritas terhadap vaksin Corona setelah China telah sepenuhnya mengembangkan vaksin Corona dan menggunakannya.

Dilansir dari laman South China Morning Post, menurut angka terbaru dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), China kini sedang mengembangkan dua dari 30 kandidat vaksin Corona yang saat ini sedang dalam evaluasi klinis di seluruh dunia.

Menurut rencana yang dirilis oleh media pemerintah pada minggu lalu, Li diperkirakan akan berbicara dengan para pemimpin dari semua negara kecuali Laos. Di antaranya termasuk Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen, Presiden Myanmar Win Myint, Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc, dan Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha.

China juga menjanjikan akses prioritas vaksin Corona ke negara lain seperti tawaran ke Filipina pada Juli lalu, setelah Presiden Rodrigo Duterte mengajukan banding kepada Presiden China Xi Jinping untuk mendapatkan akses ketika vaksin selesai dikembangkan.

Duterte mengatakan negaranya tidak akan menentang China dalam masalah Laut China Selatan, di mana kedua negara bersengketa akibat klaim teritorial.

Dikutip dari laman Research John Hopkins University, hingga saat ini Selasa (25/8/2020), China melaporkan 84.981 kasus Corona konfirmasi. Dari jumlah tersebut 4.634 di antaranya meninggal dunia akibat virus Corona COVID-19.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 27 September 2020 - 18:23:35 WIB

    Kabar Baik! Uji Coba Vaksin Corona Tahap Awal Hasilkan Kekebalan Tubuh yang Kuat

    Kabar Baik! Uji Coba Vaksin Corona Tahap Awal Hasilkan Kekebalan Tubuh yang Kuat HARIANHALUAN.COM - Kabar baik datang dari vaksin Corona Johnson & Johnson. Hasil awal dari uji klinis fase 1 dan 2 menunjukkan vaksin Corona ini bisa ditoleransi dengan baik..
  • Ahad, 27 September 2020 - 18:19:40 WIB

    Vaksin Covid-19 Made in India Siap Disebar

    Vaksin Covid-19 Made in India Siap Disebar HARIANHALUAN.COM - Perdana Menteri India Narendra Modi berjanji vaksin virus corona (Covid-19) yang diproduksi negaranya akan bisa tersedia secara global. Hal itu disampaikannya pada pertemuan Majelis Umum Perserikatan Bangsa.
  • Jumat, 25 September 2020 - 07:51:45 WIB

    Hore! Vaksin Corona Sinovac Mulai Dijual Awal 2021

    Hore! Vaksin Corona Sinovac Mulai Dijual Awal 2021 HARIANHALUAN.COM - Produsen vaksin China Sinovac optimistis vaksin Covid-19 CoronaVac buatannya akan siap suntikkan dan didistribusikanke warga dunia pada awal 2021, termasuk ke Amerika Serikat..
  • Kamis, 24 September 2020 - 17:32:43 WIB

    Benarkah Bill Gates Raup Rp 2.900 Triliun dari Vaksin?

    Benarkah Bill Gates Raup Rp 2.900 Triliun dari Vaksin? HARIANHALUAN.COM - Sebuah video yang beredar di Facebook dan disaksikan ribuan kali mengklaim bahwa Bill Gates mengakui akan menghasilkan USD 200 miliar atau sekitar Rp 2.900 triliun dari investasinya dalam pembuatan vaksin t.
  • Ahad, 20 September 2020 - 13:47:25 WIB

    Terungkap! Puluhan Ribu Warga China Sudah Diberi Vaksin Corona Sejak Juli

    Terungkap!  Puluhan Ribu Warga China Sudah Diberi Vaksin Corona Sejak Juli HARIANHALUAN.COM - Saat sejumlah negara berlomba-lomba menghasilkan vaksin untuk mengatasi virus Corona, China diketahui telah menginokulasi puluhan ribu warganya dengan vaksin Corona eksperimental yang belum selesai uji klin.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]