Polres Solsel Bekuk Tersangka Pengedar Sabu di Kecamatan Sangir


Selasa, 25 Agustus 2020 - 16:08:12 WIB
Polres Solsel Bekuk Tersangka Pengedar Sabu di Kecamatan Sangir Konferensi pers Polres Solsel.

HARIANHALUAN.COM - Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Solok Selatan (Solsel) menangkap tersangka yang diduga pengedar narkoba jenis sabu di Nagari Lubuk Gadang Selatan, Kecamatan Sangir.

Kapolres Solsel AKBP Tedy Purnanto didampingi Wakapolres Kompol Abdurahman Suryanegara dan (KBO) Satresnarkoba Ipda Novitri Anhar mengatakan, dari tangan tersangka Mul Chandra (MC) diamankan 17 paket sabu yang dibungkus plastik klip bening, seberat 12,11 gram.

Selain itu, diamankan satu unit senjata air soft gun Cal 4,5 mm nomor 313217141, HP Samsung hitam, satu HP Oppo warna dongker, pirex, uang Rp200 ribu, bong, kotak permen pagoda dan 10 lembar plastik klip bening.

"Pengungkapan dan penangkapan terhadap MC berdasarkan informasi masyarakat yang di daerahnya kerap terjadi transaksi jual beli sabu. Tim melakukan penyelidikan selama tiga bulan hingga berhasil menggerebek tersangka," katanya, Selasa (25/8/2020).

Menurutnya, saat penggerebekan MC oleh tim Satresnarkoba Polres Solsel, tersangka sempat melarikan diri namun beberapa menit setelah itu berhasil diamankan di belakang rumah tersangka. "Penggerebekan dilakukan pada Jumat (14/8/2020) sekitar pukul 07.00 WIB," ujarnya.

Dari hasil tes urine, imbuhnya, tersangka positif mengonsumsi narkoba jenis sabu.

"Setelah diinterogasi, tersangka mengakui bahwa sabu diperoleh dari Kota Padang dengan cara membeli pada rekannya seharga Rp12 juta sebanyak tiga kantong dengan total berat 15 gram. Lalu, MC memecah lagi paket narkoba tersebut menjadi 19,5 paket sedang dengan harga Rp1,5 juta/paket untuk dijual kembali," ucapnya.

Kemudian, tersangka berhasil menjual beberapa paket sabu yang telah dipecah tersebut kepada beberapa orang pembeli di sekitar Solsel.

"MC mengakui telah tiga kali membeli sabu di Padang diantaranya, 1 Agustus sebanyak 5 gram dengan harga Rp4,5 juta dan telah habis dijual. Dan pada 5 Agustus sebanyak 10 gram dengan harga Rp8,5 juta juga telah habis dijual. Terakhir, pada 12 Agustus 2020 sebanyak 15 gram dengan harga Rp12 juta. Namun, pembelian yang terakhir berhasil kembali dijual dan bersisa 17 paket sedang yang diamankan Polres Solsel," ungkapnya.

Dikatakannya, tersangka diancam pidana penjara maksimal 20 tahun dan 5 tahun paling singkat sesuai pasal 114 ayat (1) Jo Pasal 112 ayat (1) dan Pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI No.35 tahun 2009 tentang narkotika. Denda pidana paling sedikit Rp 1 miliar dan paling banyak Rp10 miliar. (*)

loading...
Reporter : Jefli /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]