Siapa Calon yang Bakal Maju Pilkada Tanah Datar? Begini Prediksi Sejumlah Pengamat


Selasa, 25 Agustus 2020 - 16:58:43 WIB
Siapa Calon yang Bakal Maju Pilkada Tanah Datar? Begini Prediksi Sejumlah Pengamat Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Menjelang pasangan bakal calon kepala daerah dan wakil ditetapkan dan mendapatkan tiket dari parpol, berbagai prediksi mengapung, siapa berpasangan dengan siapa, diusung partai apa, belum ada kepastian.
 
Dari beberapa nama yang muncul dan hangat diperbincangkan diantaranya calon dari pertahana Zuldafri Darma-Sultani yang diusung Golkar dan PKS, Eka Putra-Richi Aprian diusung Demokrat dan Gerindra, Betty Shadiq-Aditiawarman diusung PAN dan PPP. Itu dari total kursi di DPRD yang bisa mengusung pada pilkada mendatang. 

Partai Hanura, Nasdem dan PDIP sampai saat ini belum terdengar menentukan pilihan mereka. Apakah nanti akan menjadi partai pengusung atau pendukung pada pilkada Desember itu.

Pengamat politik dari IAIN Batusangkar, Irwan Malin Basa, saat bincang-bincang bersama awak media di Batusangkan, Rabu (25/8), memprediksi, apa yang akan terjadi jika ketiga partai yang memiliki kursi namun tidak mengusung calon, dan tidak menutup kemungkinan mereka akan ditinggalkan pemilihnya.

"Kembali berkaca pada Pileg 2019 lalu, ketiga partai seperti Hanura, Nasdem dan PDIP memiliki suara yang cukup signifikan, dan ketiganya bahkan hampir mencapai 30 ribuan suara. Saat itu Nasdem memiliki suara sekitar 12 ribuan, Hanura 11 ribuan, dan PDIP sekitar 8 ribuan. Kalau ketiga partai itu tidak ikut mengusung, ke mana pemilih akan bermuara,” ungkapnya.

Dikatakan, ketiga partai ini bisa membuka peluang koalisi kerakyatan untuk menjadi kompetitor dari bakal calon yang telah mengantongi tiket menuju pendaftaran di KPU September mendatang.

“Siapa yang diusung, tidak ada salahnya tokoh yang belum mendapatkan tiket pada pilkada ini, karena mereka yang berkenginan untuk “mandi” di pilkada nanti,” katanya.

Sementara itu, terkait bursa pencalonan kepala daerah di Tanah Datar saat ini, Irwan Malin Basa melihat jika sebelum dibukanya pendaftaran oleh KPU pada 6 September ini, bursa pencalonan dari koalisi partai saat ini bisa saja berubah. Koalisi yang telah ada bisa saja goyang kembali.

Politisi Hanura Tanah Datar M Syukur, membenarkan jika saat ini telah ada penjajakan terhadap tiga partai yang hingga kini masih menunggu restu dari DPP di pusat. "Bisa jadi, koalisi kerakyatakan juga akan terbentuk dari gabungan tiga partai ini. Beberapa nama bakal calon kepala daerah yang telah merapat ke Hanura yaitu Ryan-Maswardi, Hendri Arnis-Edi Arman, Muswar-Edi Arman, Jhon Enardi–Safrudin,” kata Syukur.

Di tempat terpisah, Wakil Ketua DPD PDIP Sumatera Barat Dian Ihkwan tidak memungkiri koalisi kerakyatan di Tanah Datar bisa saja terbentuk sebagai kompetitor pada pilkada Tanah Datar nantinya. Pihaknya juga telah menjalin komunikasi dengan tiga partai yang saat ini belum menentukan sikap terhadap pencalonan pada pilkada nanti.

“Peluang itu ada, tiga partai ini tidak akan cukup mengusung calon, jika tidak berkoalisi. Maunya harus berkoalisi. Kemungkinan besar koalisi tiga partai ini akan terjadi, tentunya dengan musyawarah mufakat karena setiap partai punya mekanisme masing-masing,” ujarnya.

Ia menambahkan, koalisi yang akan dibentuk itu tak lain untuk membuka semangat berdemokrasi seluas-luasnya di Tanah Datar. Sehingga, masyarakat Tanah Datar dapat menentukan pilihan mereka dari pasangan calon yang berniat maju dan tidak mendapatkan rekomendasi dari partai.

“PDIP masih menunggu hasil dari para paslon yang tengah mengejar rekomendasi dari partai pemilik kursi dominan. Bagi kita akan membuka kran demokrasi seluas-luasnya. Calon yang berniat maju dan merubah Tanah Datar yang lebih baik, kita usahakan untuk memfasilitasinya. Ini bukan sekedar politik praktis. Sejauh mana komunikasi yang terjalin? Saat ini kita sama Hanura, di tingkat DPC sudah berkomunikasi, sementara Nasdem, juga sedang melihat mengunyah-ngunyah hal ini," katanya. (*)

loading...
Reporter : Feri Maulana /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]