Bupati Pasaman Belum Terima Laporan Inspektorat Terkait Kadis Penenggak Tuak


Selasa, 25 Agustus 2020 - 17:57:22 WIB
Bupati Pasaman Belum Terima Laporan Inspektorat Terkait Kadis Penenggak Tuak Ilustrasi tuak

HARIANHALUAN.COM - Bupati Pasaman Yusuf Lubis mengaku belum menerima laporan resmi dari bawahannya terkait dugaan pelanggaran etik salah satu kepala dinasnya.  

"Belum, belum ada. Masih saya tunggu dari Inspektorat laporannya. Tapi, se Sumbar sudah tahu tentang informasi itu," kata Yusuf Lubis kepada harianhaluan.com, di rumah dinasnya, Selasa (25/8/2020).

Untuk itu, kata Yusuf Lubis, dia belum bisa mengambil sikap atau bahkan keputusan apapun terhadap perilaku oknum kadis yang diduga telah mencoreng visi misi pemerintahan yang ia pimpin tersebut.

"Kita lihat dulu nanti. Laporannya kan belum saya terima. Kita tunggu laporannya dulu, baru kita tindak," tukasnya. 

Seperti diketahui, visi dan misi Bupati Pasaman, Yusuf Lubis dalam mewujudkan masyarakat sejahtera, agamis dan berbudaya tercoreng oleh ulah seorang Kepala Dinasnya (OPD). 

Diberitakan sebelumnya, salah satu kepala dinasnya dituding suka menenggak minuman beralkohol jenis tuak. Mirisnya, minuman haram yang difermentasi dari air nira itu sengaja ditenggak di sebuah kafe, yang notabene adalah tempat umum.

Perilaku oknum kadis tersebut ternyata membuat sejumlah tokoh di ranah Pasaman Saiyo ini meradang. Tanggapan miring pun bermunculan dari para pesohor negeri itu. 

"Kami mengecam perbuatan dan sikap oknum kadis yang terang-terangan meminum tuak di tempat umum. Kami selaku anak nagari yang peduli Pasaman meminta kepada Bupati Pasaman dan DPRD Kabupaten Pasaman untuk menghentikan dengan tidak hormat yang bersangkutan dari jabatannya," ungkap penggagas Forum Anak Nagari Peduli Pasaman, Ulul Azmi.

Menurutnya, sikap pejabat eselon II itu tidak sesuai dengan etika seorang Aparatur Sipil Negara (ASN), mencederai Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah (ABS-SBK) di minang kabau dan mencederai Visi dan Misi Kabupaten Pasaman. (*)

loading...
Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]