Ribuan Siswa di Pasaman Terima Bantuan Beasiswa Baznas


Selasa, 25 Agustus 2020 - 18:38:44 WIB
Ribuan Siswa di Pasaman Terima Bantuan Beasiswa Baznas Ketua Baznas Pasaman, Habibullah beserta dua wakilnya, Asisten I, Kadis Sosial, poto bersama dengan siswa penerima bantuan.

HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 1.845 siswa SD/SMP sederajat di Kabupaten Pasaman terima bantuan beasiswa dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman. Total bantuan yang disalurkan berjumlah Rp922,5 juta. Menurut Ketua Baznas Kabupaten Pasaman, Habibullah, penyerahan bantuan beasiswa yang bersumber dari dana zakat tersebut merupakan bagian dari program Baznas setempat, yaitu Pasaman Cerdas. 

Penerima bantuan ialah siswa SD/MI dan SMP/MTs. "Adapun bantuan beasiswa yang kita serahkan untuk siswa tingkat SD/MI serta SMP dan MTs se Pasaman. Total siswa 1.845 orang, nominal bantuan Rp500 ribu per orang. Jadi, total semua bantuan sebanyak Rp922,5 juta," katanya usai menyerahkan bantuan secara simbolis kepada 5 peserta didik SDN 05 Pauah, di Balerong Pusako Anak Nagari, Selasa (25/8/2020).

Dikatakan, bahwa bantuan beasiswa untuk 1.845 siswa ini menyasar 314 sekolah di kabupaten tersebut. Terdiri atas, 259 Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) serta 55 SMP/MTs. "Adapun rinciannya, untuk SD/MI sebanyak 1.295 orang siswa. Setiap sekolah terdiri atas 5 orang penerima, total bantuan berjumlah Rp647,5 juta," katanya. 

Sementara, untuk tingkat SMP/MTs, terdiri 550 siswa. Adapun banyaknya sekolah yang dibantu terdiri dari 55 sekolah. Dengan jumlah siswa penerima bantuan sebanyak 10 orang siswa per sekolah. Total bantuan untuk SMP/MTs Rp275 juta. "Penyerahan bantuan Baznas untuk program Pasaman Cerdas ini, secara simbolis diserahkan saat launching gerakan sejuta masker, di Balerong Pusako Anak Nagari, Lubuksikaping, Selasa (25/8/2020) sore," katanya. 

Selanjutnya, kata Habibullah, pihaknya akan menggandeng Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat untuk menyalurkan bantuan beasiswa itu ke sekolah-sekolah penerima secara langsung. "Ini hak masyarakat (mustahik), dan kita launching tadi kepada 5 anak. Setelah ini akan kita antar langsung ke sekolah-sekolah bersama Disdikbud. Harapannya, dana ini terealisasi dan terdistribusi kepada yang berhak. Tentu, ini mohon dikawal oleh semua pihak, karena ini hak umat," imbuhnya.  

Turut hadir, Bupati Pasaman, Yusuf Lubis, Ketua TP PKK Suryani Nst, Asisten III Djoko Rifanto, Kadis Sosial Amdarisman, Wakil Ketua II bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Martias Dt Rangkayo Basa, Wakil Ketua I bidang Pengumpulan, SDM, Umum dan Administrasi, Zulkarnaini, Kabag Kesra Azwardi. (*)

loading...
Reporter : Yudhi Lubis /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]