Sempat Layani Pasien Positif Covid-19, RSUD Achmad Darwis Ditutup


Selasa, 25 Agustus 2020 - 20:09:42 WIB
Sempat Layani Pasien Positif Covid-19, RSUD Achmad Darwis Ditutup RSUD Achmad Darwis

HARIANHALUAN.COM - Sekitar 27 orang petugas RSUD Achmad Darwis sempat kontak langsung dengan salah seorang pasien yang terpapar Covid-19. Dampak dari itu, akhirnya rumah sakit terbesar di Limapuluh Kota tersebut terpaksa ditutup. Penutupan rumah sakit yang dimulai Selasa (25/8/2020) ini dibenarkan oleh Direktur RSUD Achmad Darwis, dr. Muryani Dhatri.

"Hari ini mulai ditutup. Kapan dibuka kembali, belum diketahui," terangnya, Selasa malam.

Dijelaskan dr Dhatri, penutupan rumah sakit berawal dari adanya pasien rumah sakit yang mendatangi IGD untuk berobat. Ternyata ketika hasil labor keluar, pasien tersebut terkonfirmasi positif Covid-19. Selama dirumah sakit, sudah banyak tenaga medis yang berkontak langsung dengan pasien tersebut. Akhirnya, pihak rumah sakit melakukan tracking terhadap petugas medis disana.

"Hasil tracking, ada 27 petugas kita yang kontak dengan pasien terpapar positif Covid-19 itu. Semuanya sudah di tes swab," terang dr. Dhatri.

Terhadap pelayanan yang sifatnya darurat, terpaksa RSUD Achmad Darwis mengarahkannya ke rumah sakit lain atau ke puskesmas yang memiliki rawat inap. "Pelayanan rumah sakit, dihentikan secara total untuk sementara. Kecuali terhadap pasien yang masih dalam perawatan, masih dilayani dengan baik RSUD Achmad Darwis. Tetapi, pelayanan yang sifatnya darurat kita arahkan ke rumah sakit lain," jelasnya.

Direktur RSUD Achmad Darwis tersebut belum bisa memastikan kapan pelayanan rumah sakit dibuka kembali. "Kita masih menunggu hasil labor terhadap tes swab tenaga medis rumah sakit," terangnya. (*)

loading...
Reporter : Dadang Esmana /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]