Cerita Irwan Prayitno, Ikut Swab Test 15 Kali hingga Orang Terdekatnya Positif Covid-19


Selasa, 25 Agustus 2020 - 20:21:12 WIB
Cerita Irwan Prayitno, Ikut Swab Test 15 Kali hingga Orang Terdekatnya Positif Covid-19 Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.

HARIANHALUAN.COM - Mengemban tugas yang padat sebagai Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) tentu tidak bisa dielakkan dari sosok Irwan Prayitno, salah satunya perjalanan dinas keluar daerah. Dalam wabah pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia saat ini, Irwan mengakui seringkali bertemu dengan banyak orang, yang mana tidak diketahui apakah mereka terjangkit virus corona atau tidak.

Sehubungan dengan hal tersebut, sesampainya di Padang, dia selalu rutin melakukan test swab demi mencegah penularan virus corona di lingkungan keluarga, tempat kerja dan lainnya. Terbukti sejak dilaporkan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumbar Maret lalu, Irwan Prayitno telah melaksanakan uji swab sebanyak 15 kali.

"Karena tugas saya sebagai pemimpin di Sumbar, selepas dari Jakarta atau daerah dengan zona merah, saya selalu rutin melaksanakan swab demi keluarga dan lingkungan saya, kurang lebih sudah 15 kali dan Alhamdulillah hasilnya selalu negatif," katanya, Selasa (25/8/2020) saat ditemui di Gedung DPRD Sumbar.

Irwan menegaskan jika sebanyak 15 kali swab tersebut memang hasilnya negatif, jika beberapa hari yang lalu sempat berhembus kabar yang menyatakan dirinya positif Covid-19 adalah fitnah dan berita bohong. "Saya baca di salah satu media yang mengatakan jika saya positif Covid-19, itu fitnah namanya, seharusnya dikonfirmasi dahulu," sesalnya.

Irwan pun membagikan tips kenapa selalu dinyatakan negatif virus corona setiap pengambilan sampel swab. Ia selalu rajin menggunakan masker dimanapun berada, terutama dalam berbicara, karena droplet saat berbicara dapat menularkan virus kepada orang lain. Padahal, orang terdekatnya sudah banyak yang positif Covid-19, mulai dari sopir saya di Gubernur, sopir di Jakarta, sopir ibu Gubernur juga, supir anak-anak atau keluarga, ajudan pak wagub, sekda, asisten, dan lainnya. 
"Walaupun orang terdekat dinyatakan positif, Alhamdulillah saya dan pak Wagub tetap negatif karena selalu memakai masker, kita ingin masyarakat juga seperti itu, selain jaga kebersihan, juga rajin memakai masker," harapnya.

Sama halnya dengan naik motor, kata dia, ketika motor hendak berjalan kemudian helm dibuka, namun setelah berhenti helmnya baru dipakai, maka sama juga ketika berbicara maskernya dibuka, namun ketika tidak berbicara baru memakai masker sehingga droplet bertebar kemana-mana, "Ini kebalik-balik namanya, padahal saat berbicara seharusnya memakai masker supaya tidak menular kepada orang lain," tambahnya.

Disinggung mengenai beberapa daerah yang tidak mengirimkan sampel, Irwan membeberkan beberapa alasan, pertama, jika daerah tersebut tidak memiliki kasus positif Covid-19, otomatis tracking tidak akan berjalan, makanya sampel itu tidak ada dikirim. Kemudian yang kedua, jika tracking tidak ada maka juga tidak ada insiden rate secara survei. 

Namun, kata dia, ketika terdapat warga yang melaksanakan swab mandiri atau bagi para pelaku perjalanan, seperti baru pulanh dari daerah pandemi, maka daerah tersebut pasti akan mengirimkan sampel. Diakui Irwan Prayitno, meningkatnya pelaporan kasus positif Covid-19 di Sumbar saat ini, belum terdapat laporan daerah yang masuk kategori zona merah, lantaran penyebaran virus masih terkendali.

"Sampai sekarang hanya terdapat daerah hijau masuk ke kuning, kuning ke orange atau sebaliknya sesuai kondisi penyebaran virus corona di daerah tersebut," katanya.

Selain itu, Irwan juga tidak memungkiri dengan kondisi Kota Pariaman hari ini yang melaporkan ledakan kasus positif Covid-19 sebanyak 31 orang, akan dikategorikan kedalam zona orange, "kemungkinan besar daerah ini akan masuk zona orange, tidak lagi kuning, melihat ledakan kasus yang terjadi," tutupnya. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]