Uang Khusus Kemerdekaan Lebih Canggih dari Dolar, Masa Sih?


Rabu, 26 Agustus 2020 - 12:38:19 WIB
Uang Khusus Kemerdekaan Lebih Canggih dari Dolar, Masa Sih? Uang khusus Rp 75 ribu

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  Ternyata ada fitur yang sangat membedakan Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) RI ke-75 senilai Rp75.000 dengan uang-uang yang telah diterbitkan sebelumnya. Yakni teknologi benang pengaman yang dipakai versi 2019.  

"Tepatnya adalah fitur pengaman ekstra di UPK 75 tahun ini. Benang pengamannya sudah menggunakan teknologi microlens tertinggi dan terkini. Pengaman itu akan bergerak manakala digerakkan sedikit, lalu seluruh elemennya akan bergerak. Ini belum pernah ditemukan kasus pemalsuannya," kata Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI)Marlison Hakim  dalam webinar 'Ngomongin Uang Peringatan Kemerdekaan Ke-75 Republik Indonesia' di Jakarta, Rabu (26/8/2020).

Dia menyebutkan, uang dolar AS menggunakan teknologi benang pengaman edisi tahun 2014, sementara UPK 75 menggunakan teknologi benang pengaman versi 2019.

"Jadi kelasnya lebih tinggi ya. Kami juga pakai color shifting ink terkini di gambar bunga anggrek puspa pesona di lembarannya. Warnanya akan bergerak dari sisi mana pun kita melihatnya," tambah Marlison.

Selain itu, BI juga menggunakan teknologi terkini dalam menaruh watermark di lembar UPK Rp75.000 ini. 

"Di watermarknya, dengan cahaya rendah, kita bisa melihat gambar air dua pahlawan tadi. Beberapa elemen lainnya, kalau dilihat dengan ultraviolet, akan terlihat keindahannya," tutur Marlison.

Dia mengatakan, BI akan senantiasa memperbaharui dan meningkatkan kualitas uang kertas cetak. "Jadi UPK 75 tahun ini adalah prototipenya, cara kami akan mencetak uang ke depannya," pungkas Marlison.
 

loading...
 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 16 September 2020 - 19:36:32 WIB

    Atasi Krisis Akibat Pandemi, Bantuan Uang untuk UMKM Harus Dipercepat

    Atasi Krisis Akibat Pandemi, Bantuan Uang untuk UMKM Harus Dipercepat HARIANHALUAN.COM – Peneliti Lipi Carunia Mulya Firdausy mengatakan UMKM harus diutamakan dalam penyelamatan krisis ekonomi akibat pandemi ini. Pasalnya, perekonomian Indonesia pondasinya itu berasal dari geliat aktivitas pe.
  • Jumat, 11 September 2020 - 06:47:04 WIB

    10 Perusahaan Ini Beri Uang Sampai Laptop Baru untuk Pekerja WFH

    10 Perusahaan Ini Beri Uang Sampai Laptop Baru untuk Pekerja WFH HARIANHALUAN.COM - Work From Home mulai jadi 'new normal' sejak pandemi Corona. Meski sudah terbiasa, bekerja dari rumah tetap bukan sesuatu yang mudah untuk sebagian orang. Misalnya saja untuk para orangtua yang harus sambil.
  • Ahad, 06 September 2020 - 11:57:58 WIB

    Pinjam Uang di Pinjol? Harus Berani Tanggung Risikonya

    Pinjam Uang di Pinjol? Harus Berani Tanggung Risikonya HARIANHALUAN.COM - Banyak masyarakat terjebak oleh pinjaman online karena kesulitan ekonomi imbas dari pandemi corona. Apalagi aplikasi pinjaman online menawarkan kemudahan dan kecepatan baik dari sisi persyaratan maupun penc.
  • Kamis, 03 September 2020 - 09:21:21 WIB

    Uang Pemerintah di BPD 'Parkir' Rp9,92 Triliun, Hanya Rp1,58 Triliun yang Disalurkan

    Uang Pemerintah di BPD 'Parkir' Rp9,92 Triliun, Hanya Rp1,58 Triliun yang Disalurkan HARIANHALUAN.COM - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat realisasi penempatan dana pemerintah di Bank Pembangunan Daerah (BPD) baru sebesar Rp 1,58 triliun hingga 19 Agustus 2020. Adapun total titipan uang pemerintah ke beber.
  • Senin, 31 Agustus 2020 - 09:36:44 WIB

    Rupiah Menguat, Mata Uang Negara di Asia juga Ikut Naik

    Rupiah Menguat, Mata Uang Negara di Asia juga Ikut Naik HARIANHALUAN.COM - Nilai tukar rupiah berada di posisi Rp14.505 per dolar AS pada perdagangan pasar spot Senin (31/8/2020) pagi. Posisi tersebut menguat 0,87 persen dibandingkan perdagangan akhir pekan lalu di level Rp14.632 .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]