Gunakan APBDes, Silungkang Oso akan Bangun Destinasi Wisata Air


Rabu, 26 Agustus 2020 - 13:41:08 WIB
Gunakan APBDes, Silungkang Oso akan Bangun Destinasi Wisata Air Peninjauan lokasi pembangunan destinasi baru lokasi wisata air Mudiak Lugha, Desa Silungkang Oso Kota Sawahlunto. Ist

HARIANHALUAN.COM - Pemerintahan Desa Silungkang Oso, Kecamatan Silungkang, Kota Sawahlunto terus berinovasi guna meningkatkan taraf ekonomi kehidupan masyarakat setempat. Saat ini Pemerintah Desa tengah membangun area wisata kolam renang, taman bermain, taman bunga dan taman buah memanfaatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Dana Desa (APBDes).

Kepala Desa Silungkang Oso, Syahril menyebutkan, inovasi yang dilakukan ini dikarenakan potensi andalan wisata alam Batu Runcing masih terkendala masalah lahan. Selain itu Gua Batu Basurek dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) juga mengalami stagnasi.

"Wisata batu runcing yang selama ini menjadi andalan wisata, hingga saat sekarang belum sempurna dari segi sarana dan prasarana serta masih terkendala masalah lahan. Selain itu dimasa pandemi Covid-19, UMKM songket Silungkang juga terimbas dengan minimnya pemasaran. Harga jual songket ke pengusaha juga sangat rendah dan keuntungan yang sangat rendah harus kita siasati segera dengan berbagai inovasi lainnya," tutur Syahril.

Lebih lanjut diungkapkan Syahril, pihaknya tengah menyiapkan master plan pembangunan wisata tersebut. Untuk penyusunannya dibantu oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) setempat.

"Kami optimis wisata air Mudiak Lugha yang akan dibangun ini bisa meningkatkan ekonimi masyarakat. Kita tidak mau hanya berencana saja, tapi langsung bergerak," katanya. (*)

loading...
Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]