Target Satu per Kecamatan, Karang Taruna Sawahlunto Pelopori UEP Budidaya Ikan Nila


Rabu, 26 Agustus 2020 - 14:07:40 WIB
Target Satu per Kecamatan, Karang Taruna Sawahlunto Pelopori UEP Budidaya Ikan Nila Pelepasan ikan di kolam UEP budi daya ikan nila di Desa Pasar Kubang yang dipelopori Karang Taruna Kota Sawahlunto. Ist

HARIANHALUAN.COM - Karang Taruna Kota Sawahlunto pelopori kegiatan usaha ekonomi produktif (UEP) Budidaya Ikan Nila di Desa Pasar Kubang Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto untuk membantu perkuat ketahanan pangan di masa pandemi covid-19.

Ketua Karang Taruna Kota Sawahlunto, Andri Maha Putra mengatakan, UEP yang dirintis oleh swadaya Pengurus Karang Taruna Sawahlunto ini merupakan UEP percontohan perdana yang didirikan oleh Karang Taruna Sawahlunto melalui pemberdayaan masyarakat sekitar dengan tujuan memotivasi Karang Taruna Desa dan Kelurahan untuk ikut melahirkan UEP KT Desa dan Kelurahan khususnya pada sektor pertanian terpadu.

"UEP budidaya ikan nila ini merupakan kerjasama kemitraan Karang Taruna dengan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto melalui UPTD Balai Benih Ikan Muaro Kalaban. Targetnya satu per Kecamatan," ujar Andri kepada Harianhaluan.com, Rabu (26/8/2020).

Lebih jauh Andri menyebutkan, UEP yang sudah hampir 3 bulan berjalan ini, awalnya diisi sebanyak 3000 ekor ikan untuk 2 kolam. Hal ini lanjutnya, ternyata memotivasi warga sekitar untuk menghidupkan lahan tidurnya menjadi produktif.

"Lahan kosong non produktif disebelah kolam UEP Kota Sawahlunto, saat ini telah berubah menjadi kolam ikan, hasil dari aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat dan generasi muda yang ada di desa itu. Intinya ternyata kegiatan UEP kita memicu orang lain yang punya tanah lahan tidur untuk dimanfaatkan menjadi produktif," ujarnya.

Selain budi daya ikan lanjutnya, UEP yang tengah berjalan di kelurahan Aur Mulyo, yakni ketahanan pangan dengan melakukan budidaya jahe merah. Jahe merah diselingi dengan tanaman sayuran dan cabe dengan pupuk kompos sendri yang langsung oleh karang taruna Aur Mulyo.

"Sementara di Kelurahan Tanah Lapang, karang tarunanya tengah mengembangkan UEP budi daya ikan dengan kolam terpal. Kolam terpal dipilih karena keterbatasan lahan karena lokasi yang diperkotaan," ujarnya. (*)

loading...
Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]