Waduh, Vaksin Sputnik V Rusia Ternyata Tak Cocok untuk Anak-anak & Manula


Rabu, 26 Agustus 2020 - 14:18:02 WIB
Waduh, Vaksin Sputnik V Rusia Ternyata Tak Cocok untuk Anak-anak & Manula Vaksin Covid-19 dari Rusia

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Duta Besar Rusia untuk RI Lyudmila Vorobieva mengatakan vaksin Covid-19 racikan Rusia, Sputnik V ternyata belum bisa digunakan untuk anak-anak dan manula. 

"(Vaksin) sudah diujicobakan ke manusia," katanya dalam press briefing, Rabu (26/8/2020).

"(Tapi) vaksin ini tidak cocok untuk anak-anak di bawah 18 tahun atau orang lebih dari 60 tahun karena uji klinis tambahan masih perlu dilakukan pada orang dengan usia tersebut."

Ia juga mengatakan saat ini fase III atau tahap akhir vaksin masih dilakukan. Menurutnya ada 44.000 orang yang akan berpartisipasi dalam uji coba ini.

Sementara itu, soal kemungkinan kerja sama, ia mengaku kemungkinan itu terbuka. Dikatakannya sudah ada kontak potensial dengan distributor vaksin.

"Harapannya kerja sama ini akan berkembang dan kami dapat, setelah vaksin disertifikasi, didistribusikan di Indonesia atau menggelar uji coba klinis," katanya.

Ia menegaskan harga vaksin Rusia akan lebih rendah dibanding vaksin lain yang dikembangkan di dunia. Bahkan, tiga kali lebih rendah.

Sputnik V dikembangkan Gamaleya Research Institute dan Kementerian Pertahanan Rusia. Sputnik V adalah vektor virus.

Di mana menggunakan virus lain untuk membawa DNA respons imun yang dibutuhkan ke dalam sel. Vaksin juga dikenal dengan nama Gam-COVID-Vac.

CNBC International melaporkan para ilmuwan Moskow di Gamaleya Institute menggunakan metode pengujian ala militer untuk mempercepat evaluasi klinis. Sputnik mirip dengan vaksin yang dikembangkan CanSino asal China.

Presiden Putin menyatakan salah satu dari dua putrinya yang sudah dewasa sudah menerima dua suntikan vaksin Sputnik V. Rusia mengklaim telah menerima permintaan dari 20 negara untuk memproduksi 1 miliar dosis vaksin Sputnik V. (*)

loading...
 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 12 Juli 2020 - 12:03:45 WIB

    Waduh, China Temukan Virus Corona pada Kemasan Udang Beku Impor

    Waduh, China Temukan Virus Corona pada Kemasan Udang Beku Impor HARIANHALUAN.COM - Pemerintah China temukan virus Corona COVID-19 pada kemasan udang beku impor. Namun penemuan tersebut bukan berarti virus Corona dapat ditularkan melalui kemasan makanan..
  • Senin, 06 Juli 2020 - 23:10:00 WIB

    Waduh, Hasil Studi Ungkap 1 dari 20 Perempuan tak Pernah Orgasme

    Waduh, Hasil Studi Ungkap 1 dari 20 Perempuan tak Pernah Orgasme HARIANHALUAN.COM - Kepuasan seksual ternyata belum dirasakan setiap pasangan. Studi terbaru menunjukkan laki-laki lebih sering mencapai orgasme dibandingkan perempuan saat berhubungan seksual..
  • Sabtu, 04 Juli 2020 - 07:51:00 WIB

    Waduh, Anak Kegemukan Lebih Cepat Puber

    Waduh, Anak Kegemukan Lebih Cepat Puber HARIANHALUAN.COM - Anak kecil bertubuh gemuk cenderung beris ko lebih cepat puber. Mengapa ini bisa terjadi?.
  • Rabu, 24 Juni 2020 - 07:25:32 WIB

    Waduh, Sampah Masker Berpotensi Mencemari Lingkungan

    Waduh, Sampah Masker Berpotensi Mencemari Lingkungan HARIANHALUAN.COM - Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Muhammad Reza Cordova mengungkapkan, sampah alat pelindung diri (APD) seperti masker perlu diolah secara khusus. Menurutnya, masker secara alami sulit ter.
  • Ahad, 21 Juni 2020 - 22:16:57 WIB

    Waduh, Obesitas Bisa Memperparah Infeksi COVID-19

    Waduh, Obesitas Bisa Memperparah Infeksi COVID-19 HARIANHALUAN.COM - Kegemukan atau obesitas memiliki dampak pada berbagai masalah kesehatan, salah satunya meningkatkan risiko gejala dan komplikasi yang lebih parah jika terjangkit COVID-19..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]