Mitigasi Bencana, Hizbul Wathan se Pasaman Dibekali Bimtek SPAB


Rabu, 26 Agustus 2020 - 15:44:47 WIB
Mitigasi Bencana, Hizbul Wathan se Pasaman Dibekali Bimtek SPAB Kalaksa BPBD Kabupaten Pasaman, Ricky Riswandi memberikan sambutan dalam Bimtek Fasilitator SPAB di Aula Arumas Hotel, Lubuksikaping.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) Berbasis Qobilah bagi pembina Hizbul Wathan di Kabupaten Pasaman, Rabu (26/8/2020).

Kegiatan dibuka oleh Plh Direktur Mitigasi Bencana BNPB, Radito Pramono, Plh. Kegiatan diikuti oleh 31 peserta, terdiri dari, jajaran BPBD, Disdikbud setempat, MDMC Sumatera Barat, Korwil dan Pelatih Hizbul Wathan se Kabupaten Pasaman. 

Kalaksa BPBD Kabupaten Pasaman, Ricky Riswandi mengatakan, kegiatan itu dalam rangka pelaksanaan Program Satuan Pendidikan Aman (SPAB) Tahun 2020. Dimana BNPB bersama Kemendikbud dan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) bekerjasama dalam hal mitigasi bencana. 

"Penanganan kebencanaan perlu diintegrasikan dalam kegiatan-kegiatan kepanduan Hizbul Wathan (HW). Ini merupakan langkah bersama sebagai upaya mitigasi bencana untuk warga sekolah/peserta didik," ujar Ricky saat dihubungi harianhaluan.com. 

Bimtek SPAB tersebut dilaksanakan selama tiga hari ke depan, dimulai 26-28 Agustus 2020, bertempat di Aula Arumas Hotel, Lubuksikaping. Ricky pun sangat mengapresiasi penunjukan Kabupaten Pasaman sebagai tempat pelaksanaan kegiatan tersebut oleh BNPB. 

"Kita sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh BNPB ini, dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya menyelenggarakan kegiatan ini di Kabupaten Pasaman. Karena kegiatan ini hanya dilaksanakan di 8 Kab/kota se Indonesia," katanya. 

Ke depan, Ricky berharap akan semakin banyak masyarakat yang memahami pentingnya pengurangan resiko bencana ini, dengan mengetahui potensi bencana, menyiapkan strategi atau cara menghadapinya, sehingga semua elemen masyarakat siap untuk selamat.

"Kegiatan ini tentunya dapat kita lanjutkan di daerah, sehingga apa yang menjadi tujuan dari mitigasi bencana sebagai upaya mengurangi resiko bencana dapat terwujud," pungkas Ricky. 

Ricky melanjutkan, sebenarnya sasaran SPAB sebagai bagian dari mitigasi bencana adalah semua satuan pendidikan, bukan hanya pada Hizbul Wathan (HW) semata.  "Cuma, karena ini baru awal dan kali pertama diadakan dan kebetulan ada kerjasama antara BNPB dengan HW," tukasnya.  (*)

loading...
Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]