4 Jenis Makanan Ini Tidak Boleh Dipanaskan Ulang


Rabu, 26 Agustus 2020 - 16:40:57 WIB
4 Jenis Makanan Ini Tidak Boleh Dipanaskan Ulang Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Bagi ibu rumah tangga, pasti pernah memanaskan makanan sisa yang tak habis dikonsumsi. Tapi ternyata ada beberapa jenis bahan makanan yang sebaiknya tidak dipanaskan lantaran bisa menjadi racun.

Apa saja ya jenis makanan yang pantang dipanaskan ulang?. Berikut paparannya seperti yang dilansir daru Grid.ID dari laman Boldsky, Rabu (26/8/2020).

1. Nasi

Nasi adalah makanan pokok masyarakat kita. Dalam nasi terkandung bakteri yang sangat resisten yang disebut dengan Bacillus cereus yang bisa menghasilkan spora beracun.

Spora ini akan berlipat ganda ketika nasi dipanaskan kembali.

2. Bayam

Bayam adalah salah satu sayuran hijau yang kaya zat besi. Sebaiknya sayuran ini tidak dipanaskan kembali setelah dimasak.

Karena kandungan nitrat di dalamnya akan berubah menjadi racun jika dipanaskan ulang, dan melepaskan zat karsinogenik yang bersifat kanker.

3. Kentang

Kentang kaya akan kalium, vitamin C dan vitamin B6. Saat dipanaskan kembali, ada kemungkinan peningkatan bakteri dalam kentang.

4. Daging olahan

Daging olahan mengandung pengawet agar bisa disimpan lebih lama. Contoh daging olahan adalah sosis.

Memanaskannya kembali akan memperburuk kesehatan, karena akan terjadi perubahan kimiawi saat proses pemanasan berulang. (*)

loading...
 Sumber : Grid.ID /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]