Waduh, Polisi Tewaskan 2 Pengunjuk Rasa di Wisconsin AS


Rabu, 26 Agustus 2020 - 17:56:11 WIB
Waduh, Polisi Tewaskan 2 Pengunjuk Rasa di Wisconsin AS Ilustrasi bentrok antara polisi dan pengunjuk rasa di AS

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Dua orang dilaporkan tewas akibat bentrokan antara polisi dengan peserta unjuk rasa di Kenosha, Wisconsin, Amerika Serikat (AS), Selasa (25/8/2020) malam waktu setempat. 

Para pengunjuk rasa memprotes penembakan pria berkulit hitam bernama Jacob Blake yang dilakukan polisi berkulit putih, beberapa waktu lalu.

"Penembakan itu mengakibatkan dua korban jiwa dan korban tembakan ketiga dibawa ke rumah sakit dengan luka serius tapi tidak mengancam," tulis Kepolisian Kenosha di akun Twitternya.

Seperti diketahui, penembakan terhadap Jacob telah memicu kerusuhan di AS, khususnya di Wisconsin, semakin menjadi. Pemerintahan setempat bahkan menetapkan keadaan darurat.

Perintah eksekutif itu, dikutip CBS dikeluarkan Selasa (25/8/2020) waktu setempat atau Rabu (26/8/2020) pagi WIB. Jumlah pasukan semi militer Garda Nasional bahkan ditingkatkan untuk menjaga situasi.

"Kami tidak bisa melupakan alasan mengapa protes ini dimulai dan apa yang telah kami saksikan selama dua malam terakhir. Rasa sakit, penderitaan, dan kelelahan menjadi orang kulit hitam di negara bagian dan negara kami," kata Gubernur Wisconsin Tony Evers.

"Kita tidak bisa membiarkan siklus rasisme dan ketidakadilan sistemik berlanjut. Kita juga tidak bisa terus menempuh jalur kerusakan dan kehancuran ini," lanjutnya. (*)
 

loading...
 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]