Benarkah? Peneliti Jepang Sebut Ozon Efektif Menetralkan Virus Corona


Rabu, 26 Agustus 2020 - 18:18:32 WIB
Benarkah? Peneliti Jepang Sebut Ozon Efektif Menetralkan Virus Corona Peringatan 75 Tahun Jepang Menyerahan di Perang Dunia II. ©2020 AFP/CHARLY TRIBALLEAU

HARIANHALUAN.COM - Peneliti Jepang sebut konsentrasi ozon yang rendah dapat menetralkan partikel virus corona. Temuan ini berpotensi memberikan jalan bagi rumah sakit untuk mendisinfeksi ruang pemeriksaan dan ruang tunggu.

Para ilmuwan di Universitas Kesehatan Fujita mengatakan pada konferensi pers bahwa mereka telah membuktikan bahwa gas ozon dalam konsentrasi 0,05 hingga 0,1 bagian per juta (ppm), tingkat yang dianggap tidak berbahaya bagi manusia, dapat membunuh virus.

Eksperimen tersebut menggunakan generator ozon di ruang tertutup dengan sampel virus corona. Potensi virus menurun lebih dari 90% saat terkena ozon tingkat rendah selama 10 jam.

"Penularan virus korona baru dapat dikurangi dengan perawatan ozon konsentrasi rendah yang terus menerus, bahkan di lingkungan di mana orang-orang berada, menggunakan sistem semacam ini," kata ketua peneliti Takayuki Murata seperti dikutip Reuters, Rabu (26/8).

"Kami merasa sangat efektif dalam kondisi kelembaban tinggi."

Ozon, sejenis molekul oksigen, diketahui menonaktifkan banyak patogen, dan eksperimen sebelumnya telah menunjukkan bahwa konsentrasi tinggi, antara 1-6 ppm, efektif melawan virus corona tetapi berpotensi beracun bagi manusia.

Sebuah studi baru-baru ini di Institut Teknologi Georgia menunjukkan bahwa ozon mungkin efektif dalam mendisinfeksi gaun, kacamata, dan peralatan pelindung medis lainnya.

Rumah Sakit Universitas Medis Fujita, di prefektur Aichi Jepang tengah, telah memasang generator ozon untuk mengurangi infeksi di ruang tunggu dan ruang pasien.

Universitas juga telah melakukan uji klinis obat Avigan Fujifilm Holdings Corp (4901.T) pada pasien COVID-19.

loading...
 Sumber : merdeka.com /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]