Korupsi ARD DPRD Sijunjung, Yuswir Arifin Mangkir Saat Dipanggil Sebagai Saksi


Rabu, 26 Agustus 2020 - 18:28:36 WIB
Korupsi ARD DPRD Sijunjung, Yuswir Arifin Mangkir Saat Dipanggil Sebagai Saksi Bupati Kabupaten Sijunjung, Yuswir Arifin (ist)

HARIANHALUAN.COM - Penyidik Polres Sijunjung kembali lakukan pemanggilan terhadap Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin dalam dugaan korupsi anggaran rumah dinas pimpinan DPRD setempat tahun anggaran 2018-2019.

Pemanggilan bupati ini berdasarkan keterangan dua tersangka berinisial Wb dan NJ yang merupakan mantan Wakil DPRD Kabupaten Sijunjung yang telah ditahan di Mapolres setempat. 

Kapolres Sijunjung, AKBP Andry Kurniawan membenarkan pemanggilan itu. Yang bersangkutan (bupati, red) sudah diminta hadir ke Mapolres sebagai saksi dalam kasus korupsi tersebut, namun tidak berkenan hadir.

"Kita akan lakukan pemanggilan yang kedua, Kamis 27 Agustus 2020 besok. Pada pemanggilan pertama, Bupati tidak hadir mungkin karena sibuk," ujar Kapolres kepada wartawan, Rabu (26/8/2020).

Ditambahkannya, Bupati dalam kasus ini berstatus sebagai saksi atas dasar keterangan dari dua tersangka yang kini sudah tahap satu penyidik kepolisian. Berharap yang bersangkutan bisa hadir pada pemanggilan kedua ini.

"Untuk sementara, kita belum ada menetapkan tersangka baru dalam kasus korupsi ini. Namun kita akan terus melakukan pengembangan dan masih dalam penyidikan," terangnya.

Diketahui, korupsi yang dilakukan dua mantan pimpinan DPRD Sijunjung ini adalah anggaran tahun 2018-2019, hingga ratusan juta untuk pengadaan rumah dinas, tapi rumah dinas itu tidak ada. 

Diinformasikan juga, satu tersangka di antaranya masih aktif sebagai anggota dewan yakni Wb, berasal dari Partai Demokrat, sementara NJ dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang kedua dilakukan penahanan oleh kepolisian sejak 7 Agustus 2020.

 

loading...
Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 02 September 2020 - 06:16:25 WIB

    Aturan Pendidikan Korupsi, Pemda di Sumbar Ditenggat 31 Oktober

    Aturan Pendidikan Korupsi, Pemda di Sumbar Ditenggat 31 Oktober HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yang diwakili oleh Satuan Tugas (Satgas) Pendidikan Dasar dan Menengah dari Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat (Dikyanmas), meminta seluruh Pemerintah Daerah .
  • Rabu, 02 September 2020 - 06:04:50 WIB

    Wujudkan Pendidikan Antikorupsi, Pemda di Sumbar Diminta Libatkan Inspektorat

    Wujudkan Pendidikan Antikorupsi, Pemda di Sumbar Diminta Libatkan Inspektorat HARIANHALUAN.COM - Terkait desakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk meminta seluruh Pemda di wilayah Sumbar segera menerbitkan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) tentang penyelenggaraan pendidikan antikorupsi pada satu.
  • Jumat, 28 Agustus 2020 - 11:48:00 WIB

    Bupati Sijunjung Diperiksa 6 Jam Terkait Dugaan Korupsi Pembangunan ARD DPRD

    Bupati Sijunjung Diperiksa 6 Jam Terkait Dugaan Korupsi Pembangunan ARD DPRD HARIANHALUAN.COM - Akhirnya, Bupati Kabupaten Sijunjung, Yuswir Arifin penuhi panggilan penyidik kepolisian untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi ratusan juta, pembangunan rumah dinas pimpinan D.
  • Selasa, 25 Agustus 2020 - 06:33:20 WIB

    Pemda Diminta Aktif Lakukan Pencegahan Korupsi

    Pemda Diminta Aktif Lakukan Pencegahan Korupsi HARIANHALUAN.COM - Setelah berjalan selama dua tahun sejak 2018, Sekretariat Nasional (Setnas) Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas-PK) akan menyelenggarakan Aksi Nasional Pencegahan Korupsi (ANPK), sebagai sarana ko.
  • Rabu, 05 Agustus 2020 - 06:10:00 WIB

    Skor Pencegahan Korupsi Sumbar hingga Juni 2020 Capai 59,63%

    Skor Pencegahan Korupsi Sumbar hingga Juni 2020 Capai 59,63% HARIANHALUAN.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Koordinator Wilayah Pencegahan KPK, Adlinsyah Nasution mengapresiasi sikap proaktif Pemprov Sumbar yang datang berkonsultasi langsung dengan KPK..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]