Gawat! Ternyata, Ada Bug di Gmail Bisa Palsukan Email Anda


Kamis, 27 Agustus 2020 - 08:28:21 WIB
Gawat! Ternyata, Ada Bug di Gmail Bisa Palsukan Email Anda ilustrasi gmail

HARIANHALUAN.COM - Sebagian orang mungkin mengira bahwa platform seperti Google Gmail akan memiliki banyak perlindungan terhadap peretasan. Namun pada kenyataannya, celah keamanan masih saja ada. Dikutip dari The Next Web, Rabu (26/8/2020), platform surel milik Google itu kecolongan bug yang cukup berbahaya.

Peneliti keamanan siber Allison Husain telah menemukan bug yang memungkinkan penyerang untuk mengirim email palsu melalui Gmail. Bug ini akan memungkinkan penyerang melewati protokol keamanan tertentu, seperti Send Policy Framework, Domain-based Message Authentication, Reporting, hingga Conformance.

Padahal, keamanan multilapis yang dipasang Google itu seharusnya melindungi pengguna Gmail dari serangan tersebut. Karena informasi ini bersifat rahasia, maka Husain hanya menjelaskan teknis celah keamanan ini kepada pihak Google, termasuk cara bug bisa mengambilalih sebuah akun Gmail dan memalsukan konten email yang dikirimnya.

Setelah Husain melaporkan bug tersebut, Google mengklaim telah memperbaiki masalah tersebut. Namun untuk pembersihan secara menyeluruh, raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu membutuhkan waktu sekitar 137 hari untuk menutupnya. (*)

loading...
 Sumber : Suara.com /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 03 Juni 2020 - 12:15:45 WIB

    Gawat! Asteroid Berbahaya Meluncur Menuju Bumi

    Gawat! Asteroid Berbahaya Meluncur Menuju Bumi HARIANHALUAN.COM -- Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) menyebut adanya sebuah asteroid yang mendekat ke bumi. Asteroid itu diklasifikasikan sebagai 'berpotensi berbahaya' ..
  • Sabtu, 02 Mei 2020 - 15:18:11 WIB

    Gawat! Perusahaan Israel Retas 1.400 Akun WhatsApp, Mayoritas Kalangan..

    Gawat! Perusahaan Israel Retas 1.400 Akun WhatsApp, Mayoritas Kalangan.. JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Perusahaan mata-mata Israel, NSO Group Technologies dituduh telah meretas 1.400 akun WhatsApp. Mayoritas akun yang di-hacker dari kalangan pejabat pemerintahan, jurnalis, dan aktivitas hak asasi m.
  • Selasa, 19 November 2019 - 07:56:35 WIB

    Gawat! Ponsel Murah Rentan Terkena Peretasan

    Gawat! Ponsel Murah Rentan Terkena Peretasan TEKNO, HARIANHALUAN.COM -- Perusahaan riset keamanan Kryptowire mengungkapkan bahwa ponsel Android murah lebih rentan terkena peretasan..
  • Rabu, 16 Oktober 2019 - 11:38:41 WIB

    Gawat! Ratusan Anak di Bandung Masuk RSJ Karena Gim Online

    Gawat! Ratusan Anak di Bandung Masuk RSJ Karena Gim Online NASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Orang tua harus peka dengan tingkah laku anaknya yang gemar bermain game di gadget. Jangan sampai, anak mengalami kecanduan yang berdampak terhadap kesehatan psikologisnya. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]