Secara Nasional, Kerawanan Pemilu di Agam Posisi 10, Bawaslu: Warning Bagi ASN


Kamis, 27 Agustus 2020 - 14:49:47 WIB
Secara Nasional, Kerawanan Pemilu di Agam Posisi 10, Bawaslu: Warning Bagi ASN Bawaslu Agam

HARIANHALUAN.COM - Sesuai rilis indeks kerawanan pemilu (IKP) yang dikeluarkan Bawaslu Republik Indonesia (RI), Kabupaten Agam memiliki tingkat kerawanan yang tinggi dalam pelaksanaan pilkada serentak 2020 yang digelar Desember mendatang.

Indikator kerawanan ini salah satunya terkait netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota yang akan dihelat 9 Desember 2020.

“Netralitas ASN merupakan hal yang perlu dijaga dan diawasi, agar pilkada dapat berjalan secara jujur dan adil,” ujar Ketua Bawaslu Agam, Elvys, Kamis (27/8/2020).

Elvys mengatakan, hal ini sebagai wujud dari pelaksanaan tugas Bawaslu yang juga sebagai lembaga untuk melakukan pencegahan pelanggaran pemilu. “Ketidaknetralan ASN adalah salah satu potensi pelanggaran dalam pemilu, yang harus selalu diawasi,” sebutnya.

Untuk itu, melalui sosialisasi diharapkannya ASN menjadi paham dengan aturan, sehingga tidak melakukan pelanggaran terkait dengan netralitas dirinya selaku arapat negara dalam pelaksanaan pilkada serentak 2020.

Secara nasional, tingkat kerawanan pemilu di Kabupaten Agam menempati posisi 10, salah satu indikator kerawanannya terkait dengan netralitas ASN. Di Agam, kata dia, terdapat tiga orang ASN yang dijatuhkan sanksi disiplin, akibat melanggar netralitas saat pilpers dan pilkada tahun ini. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Sumber : Agam Media Center /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]